5 Cara Membuat Novel Remaja

Cara Membuat Novel Remaja

Kalian ingin tahu cara membuat novel remaja? Dan pengin tahu juga untuk memulainya harus dari mana saja?

Tenang saja. Lewat artikel ini, saya akan memandu kalian agar bisa membuat atau menulis novel remaja.

Berikut adalah berbagai panduan yang sudah saya rangkum sejauh ini.

Apa itu novel remaja?

Novel remaja, berdasar pengetahuan saya, adalah jenis atau genre novel yang juga seringkali ditulis sama anak-anak remaja. Mereka menulis tema novel ini karena erat cerita novelnya sama diri mereka sendiri.

Untuk menulis novel remaja sebenarnya gampang-gampang susah. Namun, lima cara yang bakal saya tulis di bawah ini akan membikin kalian merasa "ngeh" lalu semangat untuk menyelesaikan naskah novel remaja yang mungkin sedang kalian rancang itu.

Inilah penjelasannya:

Bagaimana cara membuat novel remaja?

1. Kenali audiens atau pembaca remaja di usia berapa saja

Penting sekali untuk menulis dulu apa yang kalian ketahui. Jika menulis tentang karakter yang merupakan seorang astronot dan kalian sendiri belum pernah berada di luar angkasa, jangan menulis tentang hal ini. 

Jika ingin menulis tentang seorang remaja yang tinggal di perkampungkan, luangkan waktu untuk berkunjung ke sana sebelum menulis novel. Jadi, tulislah cerita yang dekat-dekat saja sama kalian dan juga kalian setidanya harus memiliki pengalaman dulu di cerita yang mau kalian tulis.

2. Fokus pada cerita yang menarik

Cara terbaik untuk menulis novel remaja adalah fokus pada pembuatan cerita yang unik, dapat dipercaya, dan dapat dimengerti.

Pastikan ceritanya menarik. Novel yang baik akan memiliki perpaduan yang tepat antara karakter, alur cerita, dan dialog yang membuat pembaca tetap terlibat dan menebak-nebak apa yang terjadi selanjutnya.

Pastikan ceritanya unik. Remaja mencari sesuatu yang berbeda dari apa yang orang dewasa inginkan. Oleh karena itu, remaja harus dapat berhubungan dengan banyak membaca buku remaja yang sudah terbit atau nonton film remaja sebagai referensi.

3. Buatlah diri kalian gelisah

Sebelum menulis novel, penting untuk membuat diri gelisah. Otak harus berada di tempat yang pusin antara kegelisahan dan adanya dorongan untuk mengatasi kegelisahan. Sehingga, kalian akan tahu kapan diri kalian siap menulis naskah remaja.

Cara mudah untuk mencapainya adalah dengan begadang semalaman misalnya, menghindari gangguan, tidur cukup setiap hari selama seminggu terakhir, makan sehat (tetapi tidak terlalu banyak), berolahraga secara teratur setiap hari.


Keadaan hiperaktif ini harus berlangsung antara sepuluh menit dan beberapa jam.

4. Pastikan untuk konsisten menulis

Konsistensi penting untuk memberikan kredibilitas pada karakter yang kita ciptakan. Pembaca  harus dapat mempercayai bahwa apa yang mereka lihat di novel kalian adalah benar, dalam segala hal.

Memastikan juga bahwa segala sesuatu tentang karakter harus konsisten sehingga akan membuat mereka lebih mudah memahami. Dan itu juga bakal memudahkan kalian, sebagai penulis, untuk menceritakan kisah mereka.

Karakter yang konsisten juga akan lebih menarik daripada karakter yang tidak konsisten. Pembaca menginginkan seseorang yang cukup familiar sehingga mereka merasa mengenalnya

Konsistenlah membuat karakter yang disukai pembaca. 

5. Bersenang-senanglah dengan proses penulisan naskah novel remaja

Menulis novel remaja sama seperti menulis buku jenis lainnya. Mengembangkan karakter, menulis adegan-adegan yang menurut kalian menarik, dan masih banyak lagi. Sehingga, nantinya, kalian dapat membuat buku yang menonjol dari buku-buku lain dalam genre yang sama.

Cobalah untuk menjadi kreatif!

Jangan menganggap diri terlalu serius; jika tidak melakukannya dengan benar pada percobaan pertama, coba lagi terus sampai berhasil.

Kesimpulan

Menulis novel remaja bisa jadi menantang, tetapi juga bakal bermanfaat!

Kalian bisa bereksperimen dengan gaya dan genre yang berbeda, yang akan membantu kalian tumbuh sebagai seorang penulis. Kalian bisa belajar tentang diri kalian sendiri dalam proses penulisan novel remaja.

Itulah barangkali penjelasan saya terkait cara membuat novel remaja.

Sekian.

Postingan Selanjutnya Artikel sebelumnya
Tidak Ada Komentar
Tambahkan Komentar
comment url