Artikel Terbaru

5 Cara Menulis Novel Fiksi Ilmiah berdasar Pengamatan Sendiri

Cara Menulis Novel Fiksi Ilmiah


Terus terang saja bahwa, cara menulis novel fiksi ilmiah sama sulitnya seperti novel horor yang kemarin saya bahas. Genre novel ini lebih mengedepankan imajinasi penulis terhadap ilmu pengetahuan. Ditambah lagi, penulis novel sains harus banyak-banyak melakukan penelitian agar isi novel terkesan menarik.

Saking sulitnya, terbukti bahwa tidak banyak penulis novel di Indonesia yang mengarang cerita science fiction (sci-fi) ini. Kita hanya bisa mendapati jenis novel ini dari penulis luar Negeri. Sebut saja beberapa novel sains paling terkenal di antaranya Hunger Games dan Twilight.

Akan tetapi, meskipun referensi jenis novel ini terbilang sedikit (khususnya di negara kita) bukan berarti kita tidak dapat berkarya lewat genre ini, justru ini merupakan salah satu kesempatan bagi penulis Indonesia untuk membuat novel fiksi ilmiah.

Mengapa?

Sebab, penerbit novel cenderung suka sama jenis novel yang out of the box. Kebanyakan penerbit buku agak bosan menerbitkan jenis novel romance dan semacamnya. Asalkan isi novel fiksi ilmiah tersebut masuk akal, boleh jadi naskah bakal diterima penerbit.

Nah, untuk menciptakan cerita yang menarik dalam genre novel ini, silakan perhatian baik-baik panduannya di bawah ini.

Apa itu novel fiksi ilmiah atau science fiction?

Berdasar pengamatan saya, novel fiksi ilmiah ialah novel yang kerap mengutamakan ilmu teknologi, terapan, dan pengetahuan. Penulis novel ini akan meneliti dulu ilmu-ilmu tadi, lalu kemudian dikembangkan dalam bentuk fiksi, atau hasil penelitiannya akan dituangkan dalam bentuk sastra.

Sebagai contoh, kita mungkin pernah mendengar bahwa di Planet Mars ada tanda-tanda kehidupan. Namun, pada kenyataannya, betapa sulit manusia untuk dapat hidup atau bertahan hidup di sana. Katakan lah mustahil! Tapi, dengan membikin novel fiksi ilmiah, semua kemustahilan itu dapat terwujud dengan mudah.

Jenis novel ini memang erat kaitannya dengan cerita seperti itu. Ia tak akan lepas dari cerita rocket, perang dunia dengan robot misalnya, lalu adanya pesawat luar angkasa yang menyerang bumi misalnya, dan lain-lain. Semua dtujukan sebagai bumbu cerita saja.

Hal paling utama dalam memahami genre novel ini adalah meskipun terkesan tidak masuk akal pada isi cerita, tapi selalu menyajikan peneltian-peneliatan yang justru masuk akal. Inilah susahnya menulis genre novel ini.

Cara menulis novel fiksi ilmiah

1. Rajin membaca novel fiksi ilmiah

Sebelum benar-benar menulis genre novel ini, ada baiknya kalian meperbanyak bacaan dulu. Mulai dari buku, jurnal, dan hasil penelitian.

Salah satu penulis masyhur Andrea Hirata suka banget membaca banyak buku, terutama buku yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan. Sehingga, wawasan dan keilmuannya kental. Dan dalam bukunya pun selalu menyisipkan ilmu pengetahuan.

Dasar ilmu pengetahuan yang ingin kalian sampaikan dalam novel sains harus kuat. Harus beda dengan novel fantasi yang kebanyakan mengandalkan imajinasi.

2. Bikin setting atau tempat di luar bumi

Kalian boleh-boleh saja mengangkat setting di mana kita tinggal (bumi), tapi kalau mengambil setting yang berbeda maka sebaiknya gambarkan saja dengan jelas tentang bagaimana tempat itu, bagaimana juga karakter orang-orang di dalamnya, dan apa saja sistem/aturan yang berlaku di tempat itu, hingga bagaimana pemakaian bahasanya.

Dengan membikin setting seperti itu, maka isi novel terkesan unik.

3. Ciptakan tokoh fiksi yang kuat

Tokoh utama pada novel fiksi ilmiah biasanya seorang ilmuwan dengan keahlian yang spesifik. Misal, dia ahli di bidang biologi genetik. Atau seorang ilmuan fisika, kimia, dan semacamnya. Dengan menciptakan karakter sepert itu, maka pembaca akan melekat ingatannya terhadap tokoh yang sudah kita ciptakan tersebut.

Jangan lupa juga bahwa dalam menciptakan tokoh fiksi ilmiah, coba munculkan makhluk-makhluk semacam alien atau mutan. Tapi, tentu harus ada latar belakangnya dulu mengapa kalian tiba-tiba menciptakan alien atau mutan seperti itu, dan bagaimana mereka mampu mempengaruhi jalan cerita dalam novel yang kalian tulis tersebut.

Untuk menguatkan poin ini, silakan baca ini: cara membuat tokoh novel yang kuat.

4. Bikin amanat cerita yang jelas

Amanat yang terkandung dalam fiksi ilmiah biasanya untuk kebaikan umat manusia. Penulis biasanya menginginkan semacam kedamaian dalam dunia yang telah mereka bikin. Memang, amanat cerita fiksi ilmiah tidak lepas dari hal-hal seperti ini.

Maka dari itu, konflik cerita yang kita bikin harus tetap memiliki amanat yang logis dan jelas. Artinya, katakan lah meski konflik dan peperangan terjadi, tetap saja ada sebagian tokoh yang kita tulis menginginkan kedamaian terulang kembali.

5. Hindari ketakutan untuk bergelut dengan dunia teknologi

Sejauh ini, sudah banyak teknologi yang terinspirasi dari sebuah novel atau terinspirasi dari khayalan penulis di masa lalu, misal tentang ponsel, telepon genggam, quicktime, sampai ke tenaga atom.

Jadi, jangan pernah canggung memasukkan dunia teknologi ke dalam fiksi ilmiah. Bisa saja apa yang kita tulis di novel, bener-bener kejadian di dunia nyata.

Maka dari itu, teruslah mengeksplor perkembangan teknologi dan pengetahuan. Siapa tahu, ilmu tersebut dapat dijadikan sebagai ide novel.

-

Mungkin itu saja cara menulis novel fiksi ilmiah. Semua berdasar pengamatan saya selama membaca novel genre ini. Sekian.

BACA JUGA: Cara Menulis Novel Fanfiction

Tidak ada komentar

Tolong berkomentar dengan baik dan logis. Jangan melakukan spam. Kalau bisa, berkomentar lah pakai nama, jangan anonim. Komentar kalian saya filter dulu. Jika komentar kalian sesuai selera saya, akan saya setujui. Terima kasih.