Cara Latihan Menulis Setiap Hari guna Meningkatkan Level sebagai Penulis

Cara Latihan Menulis Setiap Hari


Hanya ada satu cara untuk berkembang sebagai penulis, dan itu adalah menulis. Tapi, apa yang harus kita tulis? Dan bagaimana jika kita tidak siap untuk menulis setiap hari? Adakah cara latihan menulis setiap hari agar dapat konsisten menulis?

Jawabannya adalah dengan berkomitmen latihan menulis harian. Latihan menulis adalah hal yang kerap diperintahkan oleh banyak penulis sukses untuk membantu kita naik level sebagai penulis. Mari kita cari tahu beberapa latihan menulis yang paling mudah dan juga berguna untuk diikuti setiap hari.

MANFAAT MELAKUKAN LATIHAN MENULIS SETIAP HARI

Mengapa kita harus berkomitmen untuk menulis setiap hari (termasuk di akhir pekan)? Berikut adalah manfaat utama yang akan diperoleh ketika menulis setiap hari dijadikan sebagai prioritas utama.

MENDAPATKAN INSPIRASI SECARA INSTAN

Menatap layar kosong bukanlah hal yang menyenangkan. Beberapa hari, kita mungkin memiliki banyak ide. Tapi, kemudian, di hari-hari lain, kita tidak tahu harus menulis apa. Namun, ketika kita latihan menulis setiap hari maka akan selalu saja ada “sesuatu” untuk kita tulis.

MENINGKATKAN KELEMAHAN

Kita semua memiliki kelemahan sebagai penulis. Untungnya, ada kebiasaan menulis, mulai dari penokohan hingga pengembangan plot, misalnya. Kita dapat menggunakan latihan menulis untuk menghilangkan kelemahan.

BANGUN KEYAKINAN MENULIS

Semakin banyak menulis, semakin baik yang kita dapatkan. Bahkan sebagai penulis, kata-kata dan ide dapat mengintimidasi kita. Namun, ketika kita berpartisipasi dalam latihan menulis harian, kita akan menjadi lebih nyaman dengan ide menulis. Inspirasi ternyata bukanlah proses mistis, melainkan hasil dari tampilan di layar atau kertas yang sidah siap untuk kita isi.

Baca Juga: Cara Membuat Ilustrasi Novel

CARA LATIHAN MENULIS SETIAP HARI

TULIS SURAT UNTUK DIRI SENDIRI

Entah itu tawaran nasihat atau dorongan, menulis surat untuk diri sendiri dapat meningkatkan kemampuan menulis. Ini membantu kita untuk mengembangkan kesadaran pembaca. Sebab, kita tidak diragukan lagi menulis narasi yang lebih bertarget dan akan mengenal audiens secara dekat.

Proses ini tidak hanya bersifat katarsis, tetapi juga dapat membantu kita mendapatkan kejelasan dan kedamaian batin.

Cara Latihan Menulis Setiap Hari Level Penulis


LAKUKAN PENULISAN BEBAS

Letakkan waktu pada jam (baik jam lima atau 10 menit adalah titik awal yang baik) dan menulis tanpa henti. Baik tulisan tangan atau pengetikan, manfaat menulis bebas adalah dapat merekam apa yang kita pikirkan. Dari aliran kesadaran inilah kita dapat menemukan ide besar berikutnya.

Saat menulis bebas, cobalah untuk tidak terlalu memikirkan apa yang telah kita tulis atau apa yang akan kita tulis. Banyak penulis menggunakan menulis bebas sebagai latihan pemanasan karena memungkinkan mereka untuk melonggarkan dan masuk ke zona yang lebih nyaman.

BERCERITA DALAM ENAM KATA

Salah satu contoh terbaik dari cerita enam kata adalah milik Ernest Hemingway. “Dijual: Sepatu bayi. Tidak pernah dipakai.”

Jelas, jenis cerita ini tidak memberi kita banyak ruang untuk penokohan atau pengembangan plot. Namun, itu harus memberikan konflik dan resolusi. Tujuan dari cerita ini adalah untuk membuat pembaca menginginkan lebih. Ini menggoda karena langsung membangkitkan emosi.

Untuk inspirasi, lihat daftar cerita enam kata aktual yang dikirimkan di halaman ini , lihat daftar pembuka cerita di sini , atau lihat Tweet Writerly untuk daftar permintaan cerita enam kata.

MENULIS FIKSI FLASH YANG LEBIH PANJANG

Apakah enam kata terlalu membatasi? Pertimbangkan untuk menulis fiksi flash yang lebih panjang. Fiksi flash adalah cerita pendek yang bisa mencapai 1.000 kata. Meskipun 1.000 kata tentu lebih banyak dari enam, kiita akan menemukan jenis latihan ini sangat menantang.

Cukup sulit untuk membuat keseluruhan cerita, dengan karakter, setting, plot, konflik, resolusi, dan tema. Untuk alasan ini, yang terbaik adalah fokus pada satu adegan, satu atau dua karakter, dan satu konflik sentral. Mencoba melakukan terlalu banyak dalam beberapa halaman dapat mengacaukan cerita.

Tergantung pada batas kata fiksi flash kita, kita dapat menulis cerita yang solid dalam 60 menit atau kurang.

GANTI SUDUT PANDANG

Ambil adegan yang sudah kita tulis, dan tulis ulang dari sudut pandang karakter yang berbeda dalam adegan itu. Manfaat dari latihan ini adalah kita sudah mengetahui adegan dan arahnya, sehingga kita tidak tertekan untuk mendorong narasi ke depan. Sebaliknya, ini akan membantu kita dengan karakterisasi, khususnya mengeksplorasi bagaimana karakter merespon konflik di tempat kejadian.

Kita juga dapat mengerjakan cerita yang bukan milik kita, seperti kisah kehidupan nyata yang kita temui saat menonton berita. Tokoh utama bisa jadi korban atau bahkan pelaku. Tetapi pertimbangkan untuk menceritakan kisah dari karakter sekunder. Ini dapat membantu meningkatkan kemampuan kita untuk mengembangkan karakter sekunder.

Baca juga: Contoh Membuat Rancangan Novel

LIHAT BERBAGAI MACAM FOTO

Lihatlah gambar lanskap fotografi di Pinterest, Instagram, atau situs inspirasional lainnya. Kemudian, tulis deskripsi tentang apa yang dapat kita lihat.

FOKUS PADA AREA KELEMAHAN

Apa kelemahan kita sebagai penulis? Kita mungkin kesulitan dengan menulis dialog atau membangun dunia atau pilihan kata. Tapi itulah mengapa kita berolahraga! Pikirkan apa yang ingin Kita tingkatkan dalam tulisan dan lakukan latihan itu.

Berikut daftar kelemahan menulis umum dan latihan yang tepat untuk dicoba:

Berjuang dengan pilihan kata? Tantang diri kita untuk menulis 10 kalimat atau lebih menggunakan kata. Kita dapat menemukan kata baru hari ini di situs web Merriam-Webster .

Ingin menulis dialog yang lebih baik? Pertimbangkan untuk menulis halaman dialog bolak-balik antara dua karakter tanpa menggunakan tag. Tantangannya adalah menulis dialog yang terdengar unik untuk setiap karakter tanpa perlu mengidentifikasi siapa yang berbicara dengan tag. Hal ini memungkinkan kita untuk bekerja pada irama bicara individu dan pilihan kata.

Punya masalah dengan kata-kata? Ambil satu halaman dan cobalah untuk memotongnya menjadi satu paragraf tanpa mengorbankan keindahan, nada, atau signifikansinya. Tujuannya adalah untuk menulis ulang dengan cara yang tidak membuatnya terlihat seperti ringkasan tetapi lebih seperti editan.

Ingin menulis karakter yang lengkap? Kita semua pernah menulis karakter generik sebelumnya. Ini mudah dilakukan. Tetapi jika kta ingin menantang diri Kita sendiri untuk menulis karakter yang lengkap, pertimbangkan untuk membuat cerita latar setiap hari untuk karakter acak. Ini akan membantu kita untuk melihat setiap karakter yang kita tulis sebagai orang dimensi ketiga dengan agensi dan motivasi mereka sendiri dalam sebuah adegan.

TULIS DALAM GENRE YANG BERBEDA

Sudahkah Kita mempertimbangkan untuk menulis dalam genre yang berbeda tetapi tidak ingin berkomitmen untuk menulis seluruh novel?

Pertimbangkan untuk melakukannya sebagai latihan menulis! Sebagai tantangan ekstra, ambil cerita yang sudah kita kenal baik (seperti salah satu novel favorit) dan ubah menjadi genre yang berbeda.

Bayangkan kembali Pride and Prejudice sebagai cerita distopia atau To Kill a Mockingbird sebagai fiksi ilmiah. Agar latihan tetap singkat dan mudah diatur, hanya tulis satu halaman dan pilih adegan yang menurut kita akan sempurna ketika diceritakan kembali dalam genre yang kita pilih.

Cara Latihan Menulis Setiap Hari guna Meningkatkan Level sebagai Penulis


Plus, ketika kita menulis dalam genre baru sebagai bagian dari latihan menulis dan alih-alih mengejar "nyata", kita memiliki lebih sedikit tekanan untuk memperbaikinya. Kita bisa bersenang-senang menjelajahi genre yang berbeda setiap hari atau minggu. Apa yang lebih baik lagi, kita mungkin benar-benar menemukan genre baru yang kita sukai dan ingindo jelajahi secara nyata.

KESIMPULAN

Mengikuti latihan menulis secara teratur akan menjamin peningkatan berkelanjutan kita sebagai penulis. Di mana pun Kita berada dalam perjalanan penulis, dari pemula hingga profesional berpengalaman, melakukan latihan menulis setiap hari akan membuat keterampilan kita tetap tajam.

Itulah penjelasan cara latihan menulis setiap hari.

BACA JUGA: Cara Menulis Percakapan Novel

Postingan Selanjutnya Artikel sebelumnya
Tidak Ada Komentar
Tambahkan Komentar
comment url