Cara Membuat Kata Pengantar Novel yang Singkat Saja

Cara Membuat Kata Pengantar Novel


Sebagai pembaca, kita mungkin tidak terlalu memperhatikan halaman-halaman di bagian depan novel. Kita dapat membolak-baliknya dan memutuskan pada saat itu juga, apakah kita ingin membaca salah satu bagian di sana atau tidak. Tetapi, sebagai penulis, penting untuk mengetahui semua elemen novel, termasuk yang ada di bagian depan.

Kata pengantar novel adalah salah satu elemen tersebut. Untuk mengetahui apa itu kata pengantar dan bagaimana cara membuat kata pengantar novel, baca terus artikel ini sampai tuntas.

Apa itu Kata Pengantar?

Kata pengantar adalah bagian dari depan sebuah buku di mana penulis buku dapat memberikan sedikit konteks bagi pembaca. Ini biasanya tempat di mana lima “W” ikut bermain. Seperti siapa kita, tentang apa buku itu, kapan kita menulisnya, di mana kita menulisnya, dan akhirnya, mengapa kita menulisnya. Dari semua ini, “siapa” dan “mengapa” adalah yang paling penting.

Apa yang Harus Dimasukkan dalam Kata Pengantar Buku?

Setiap buku yang pernah ditulis memiliki lima “W” di belakangnya. Tapi itu tidak berarti bahwa setiap buku membutuhkan kata pengantar. Faktanya, kebanyakan tidak. Lagi pula, banyak pembaca hanya melewatkan bagian depan buku. Gitu, kan?

By the way, kata pengantar yang baik harus menarik. Ini harus mencakup informasi unggulan bagi pembaca. Beberapa elemen yang sering disertakan dalam kata pengantar adalah:

  • Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menulis novel.
  • Perjuangan apa yang dilakukan (apakah pernah merasa menderita saat menulis novel?).
  • Tantangan apa yang harus diatasi untuk menulis buku novel.

Bagaimanaca Cara Membuat Kata Pengantar Novel?

Jika menurut kalian setiap naskah harus memiliki kata pengantar sebelum diterbitkan, maka ada beberapa tips yang perlu diingat saat menulisnya.

  • Singkat – Ingat bahwa sebagian besar kata pengantar itu pendek. Dan ini ditujukkan agar memudahkan pembaca untuk mencerna apa yang kita tulis.
  • Tetap menarik – Bagikan hanya fakta yang benar-benar menarik tentang menulis novel kalian itu.
  • Buat pelengkap – Jangan sertakan apa pun yang benar-benar dibutuhkan pembaca untuk memahami topik novel kita. ingat bahwa banyak pembaca akan melewatkan kata pengantar dari seorang penulis.
  • Bagikan juga gairah dan perjalanan kita – Kita tidak akan pernah tahu pembaca mana yang dapat berbagi hasrat kita untuk topik novel yang kita ceritakan. Bagikan apa yang menginspirasi kita dan pengalaman unik apa yang kita miliki saat menulis novel.

Contoh Kata Pengantar Novel

Halo, teman-teman. Izin memperkenalkan diri, nama saya Ridwansyah. Dalam novel ini, saya menjelaskan tentang kisah hidup Rina yang rumit. Namun, semua kesulitannya itu dapat ia atasi dengan baik.

Dalam menulis novel ini, saya agak kesulitan karena harus mewawancarai Rina yang malu-malu. Tapi, semuanya beres karena saya cukup intens dengannya setalah beberapa kali pertemuan.

Untuk membaca kisah Rina, silakan buka lembar berikutnya dan rasakan betapa pahit hidupnya.

O, ya. Saya ucapkan terima kasih kepada penerbit yang telah bersedia menerbitkan buku novel ini. Dan juga terima kasih juga kepada teman-teman terdekat saya yang telah mendukung saya dari awal sampai selesai.

-

Singkat aja, sih.

Pahami Hal Ini Juga ketika Membuat Kata Pengantar

Selain semua hal di atas, ada beberapa pertanyaan umum yang barangkali ingin kalian tanyakan.

Cara Membuat Kata Pengantar Buku

Apakah semua buku novel memiliki kata pengantar?

Tidak. Semua buku tidak perlu memiliki kata pengantar. Kata pengantar paling umum yakni adanya dalam buku nonfiksi dan tulisan akademis. Sangat jarang menemukan kata pengantar dalam buku fiksi.

Akan tetapi, jika novel populer telah dirilis ulang, penulis mungkin diminta untuk menulis kata pengantar untuk edisi baru. Ini karena buku tersebut sudah memiliki pengikut dan penggemar sehingga mungkin tertarik untuk mengetahui lebih banyak tentang proses penulisannya.

Pada akhirnya, terserah kita sih sebagai penulis untuk memutuskan, apakah kita ingin menulis kata pengantar dan apakah kita menulis buku fiksi atau nonfiksi.

Berapa panjang kata pengantar?

Aturan umum kata pengantar adalah "semakin pendek semakin baik. Kata pengantar yang panjang-panjang biasanya agak membosankan. Jadi, tetap sederhana saja, singkat, dan menarik.

Apa perbedaan antara Kata Pengantar dan Pendahuluan?


Kata Pengantar – Kata pengantar datang sebelum adanya kata pengantar buku yang ditulis oleh orang lain selain penulis buku. Umumnya, penulis kata pengantar adalah seorang ahli terkenal dalam topik buku.

Dia akan berbicara tentang bagaimana penulis telah melakukan suatu subjek dan menjelaskan kepada pembaca potensial terkait mengapa buku ini layak dibaca. Kata pengantar menambah kredibilitas buku dan penulisnya.

Pendahuluan – Pendahuluan sebuah buku sebenarnya tidak dianggap sebagai bagian depan, meskipun secara teknis muncul di depan teks utama.

Pendahuluan secara luas membahas isi buku. Itu harus ditulis oleh penulis dan memberikan informasi yang perlu diketahui pembaca untuk mendapatkan hasil maksimal dari pekerjaan menulis.

Apa perbedaan antara Kata Pengantar vs Prolog?

Prolog adalah elemen lain yang seringkali dikacaukan oleh kata pengantar. Prolog ditemukan dalam buku fiksi dan menandakan awal cerita. Mereka sering berfungsi untuk memperkenalkan karakter utama dan menarik perhatian pembaca. Namun, tidak semua buku fiksi membutuhkan prolog (atau epilog ).

Kata pengantar, di sisi lain, adalah kisah pembuatan buku. Mereka adalah penulis yang berbicara langsung kepada pembaca tentang fakta daripada menulis sesuatu dari imajinasi mereka.

Bagaimana urutan yang tepat untuk bagian depan buku?

Bagian depan buku bisa membingungkan. Ke mana perginya halaman hak cipta? Bagaimana dengan ucapan terima kasih dan halaman judul?

Nah, daftar ini akan menjelaskannya.

  1. Judul Halaman
  2. Halaman Hak Cipta
  3. Daftar Isi (yaitu judul bab)
  4. Halaman Dedikasi
  5. ucapan terima kasih
  6. Kata pengantar
  7. Kata Pengantar dari penulis lain

Kesimpulan

Jika kita sedang menulis buku fiksi, kita dapat melewati kata pengantar dengan aman. Kita selalu dapat menulis satu buku untuk edisi selanjutnya setelah buku tersebut menjadi buku terlaris.

Jika kita menulis buku nonfiksi, kita harus mempertimbangkan untuk menulis kata pengantar. Tanyakan pada diri kita, apakah ada sesuatu yang luar biasa dalam perjalanan menulis buku.

Jika ya, tulis kata pengantar dan sertakan fakta menarik tersebut. Singkat, buat memikat, dan bagikan sisi emosional kita kepada pembaca!

Demikian artikel cara membuat kata pengantar novel. Terima kasih.

Postingan Selanjutnya Artikel sebelumnya
Tidak Ada Komentar
Tambahkan Komentar
comment url