Pengalaman Menulis di GoodNovel, Berbagi Tips agar Penulis Dapat Banyak Uang

 

Pengalaman Menulis di GoodNovel


Setelah kemarin membahas tentang serbi-serbi menulis di NovelMe, hari ini saya tertarik ingin berbagi tentang pengalaman menulis di GoodNovel yang menurut saya, platform menulis ini keren banget.

Nggak keren gimana coba?

Aplikasi membaca dan menulis yang didirikan di Singapura ini kini menduduki peringkat pertama di Google Play dan App Store, sedangkan secara global ia berada di posisi ketiga sebagai aplikasi novel online paling laris.

Sebagai penulis di GoodNovel, saya bangga banget atas pencapaiannya sejauh ini. Sebab, awalnya, platform menulis yang satu ini nggak begitu dikenal sama para penulis di Indonesia.

Tapi, lihat sekarang, jumlah penggunanya (pembaca dan penulis) makin hari makin terus meningkat. Bahkan, dari dua juta pengguna GoodNovel, 40 persennya berasal dari Indonesia.

Perlu kalian ketahui bahwa sebenarnya GoodNovel itu sudah ada sejak lama. Saya cek domainnya melalui WHOIS, ia sudah terdaftar sejak 2005 lalu.

Namun, mungkin, karena GoodNovel baru memperluas jaringannya ke Indonesia pada pertengahan 2020 lalu sehingga para penulis di Indonesia agak telat mengetahuinya.

By the way, saat ini GoodNovel memfasilitasi para penulisnya dengan menyediakan delapan bahasa, tentu saja termasuk bahasa Indonesia.

Jadi, bagi penulis yang pernah bertanya kepada saya pada 2020 lalu, “GoodNovel pake bahasa Inggris ya, Kak? Kirain pake bahasa Indonesia” silakan sekarang mah udah bisa menggunakan bahasa Indonesia.

Tips Menulis di GoodNovel


Pengalaman menulis di GoodNovel beserta tipsnya, dan review GoodNovel menurut seorang penulis

Baik lah, mari kita masuk ke pembahasan tentang bagaimana karir saya di GoodNovel? Dan bagaimana komentar penulis aktif di GoodNovel yang saat ini lagi berjuang untuk menghasilkan banyak uang? Lalu apa saja tips menulis dan cara dapat uang dari GoodNovel? 

Mari saya kupas tuntas semuanya di sini. 

*seruput kopi dulu*

Oke, sepertinya saya tidak perlu menjelaskan tentang cara menjadi penulis di GoodNovel. Silakan, untuk menjadi penulis dan menulis di aplikasi ini, tinggal daftar dan menulis aja. Mampir ke: berkarya di GoodNovel.

Yang bakalan saya jelaskan di sini adalah pertama, jika kalian ingin berkarir di GoodNovel hanya karena untuk mendulang penghasilannya aja, rahasianya simple! Yakni, kenali dulu aplikasinya dengan membaca novel-novelnya.

Ada semacam rasa ingin tahu dalam diri kalian tentang GoodNovel, lalu stalking terus, dan perhatikan terus.

Yah, seperti yang kalian lakukan sekarang. Berkunjung ke blog ini karena penasaran: GoodNovel itu apa sih, cara dapetin uangnya gimana, pengalaman orang yang menulis di GoodNovel seperti apa, dan lain-lain.

Pun dengan berkarir di platform menulis, kenali aja dulu platform-nya. Sebab, memang ini langkah awalnya.

Tapi, jika untuk mengenalinya dengan cara tadi, catatannya adalah perhatikan aja dulu novel-novel yang paling banyak peminatnya. Lalu, bikin lah genre novel yang serupa dengan novel tersebut (ini tips pertamanya!).

Saya pun dulu begitu. Ketika novel bergenre romance lagi laku-lakunya, langsung aja fokus nulis novel romance, lalu kirim. Dan, recehan pun mulai masuk ke akun GoodNovel saya.

Bagaimana? Tips pertama ini mudah kalian pahami, kan?

Tips kedua agar penulis dapat uang di GoodNovel, buat lah konsep novel yang unik. Ini sebagai perbandingan dengan novel-novel yang sudah ada.

Kalau novel yang kalian bikin, lagi-lagi, klasik banget, kayak kisah percintaan lalu terjadi perselingkuhan, itu udah banyak banget.

Tapi, ketika kalian membuat konsep novel yang berbeda dengan penulis lain, ini ada kemungkinan dilirik sama pihak GoodNovel. Kalian tahu novel lelaki yang terlihat kaya? Itu konsep novelnya unik banget!

Lantas, contoh novel yang unik itu gimana?

Begini.

Dulu, saya pernah menulis novel dengan tema yang, begini sederhananya: saya ingin punya pasangan yang sefrekuensi, tapi malah punya pasangan yang tidak sefrekuensi dengan saya.

Saking pengin punya pasangan yang sefrekuensi, saya malah jatuh cinta sama sosok saya dalam versi perempuan. Setelah dijalani, ternyata pasangan yang tidak sefrekuensi lah yang dapat melengkapi kekurangan-kekurangan saya.

Kira-kira singkatnya begitu, ini agar terhindar dari spoiler.

Terus, gimana hasilnya?

Pembaca langsung membludak. Sebab, saya mengemas cerita tersebut dengan baik. Dan, alasan banyak dibaca orang karena…perhatikan tips ketiga.

Kualitas tulisan!

Ya, tips menulis di GoodNovel yang ketiga adalah perhatikan kualitas tulisan kalian. Sebab, pihak GoodNovel tidak hanya melihat atau menilai naskah dari jumlah pembaca, tapi tulisan novel yang rapi menjadi nilai plus tersendiri bagi mereka.

Review GoodNovel


Sintya, salah satu penulis aktif di GoodNovel berkomentar tentang platform menulis ini dengan demikian. Terlebih lagi, tim editor GoodNovel, ungkap Sintya, sangat profesional sejauh ini.

Editor GoodNovel sendiri mengulas naskah yang masuk memang sangat baik. Lalu, mereka sering memutuskan jenis kontrak kepada penulis dengan tepat.

Pun dengan para penulis, kita bebas mengajukan kontrak untuk menghasilkan uang dari novel yang sudah kita tulis.

FYI, di Indonesia sendiri, kini sudah ada 3000 penulis aktif di GoodNovel. Dan saya yakin, ini akan terus bertambah seiring dengan kepopulerannya platform menulis ini. Sekarang, sudah banyak penulis yang menghasilkan puluhan ribu dollar di GoodNovel.

Barangkali, itu lah sedikit pengalaman saya di GoodNovel. Dan juga berbagi 3 tips menulis di GoodNovel. Lalu dilengkapi juga dengan review singkat menurut Sintya (Sintya ini sebagai perwakilan penulis GoodNovel yang saya tanya-tanya awal Juli lalu).

Mengenal kontrak eksklusif dan non-eksklusif menulis di GoodNovel beserta keuntungannya

Ada dua opsi untuk menghasilkan uang di GoodNovel, yaitu dengan kontrak eksklusif dan non-eksklusif. Terkait dua jenis kontrak ini, saya akan menyederhanakannya sebagai berikut.

Kontrak eksklusif

Ini adalah jenis kontrak yang diikat oleh GoodNovel. Artinya, naskah yang sudah kalian kirim ke GoodNovel tidak boleh dikirim ke platform menulis lain atau dicetak dalam bentuk buku. Kesimpulannya, cerita kalian harus terus dipublikasikan melalui GoodNovel.

Apa keuntungannya?

Jelas, puluhan dollar akan masuk ke akun GoodNovel kalian karena kalian fokus menulis di GoodNovel. Apalagi kalau jumlah kata yang terdapat di novel kalian terhitung banyak, maka makin banyak juga pendapatan yang akan kalian terima.

Untuk jenis kontrak ini berlaku selama 5 tahun. Dan pembagian hasilnya dihitung dari bab berbayar. 

[Update] Mengajukan kontrak eksklusif maka mendapatkan banyak bonus, seperti bonus penyelesaian, bonus keaktifan bulanan, dan profit pun dibagi.

Kontrak non-eksklusif

Sebaliknya, jenis kontrak ini penulis dipersilakan naskahnya dipublikasikan lewat platform menulis lain setelah diunggah di GoodNovel.

Tapi, kekurangannya adalah, mau berapa kata pun yang kita tulis, nggak akan ada artinya. Penulis hanya akan mendapatkan uang melalui pembelian bab berbayar aja.

Jadi, silakan tentukan sendiri; mau pilih kontrak eksklusif atau non-eksklusif?

Apakah kalian bersedia memberikan hak terbit ke pihak GoodNovel (eksklusif)? Atau nggak bakalan dapat 150$ per 60 ribu kata (non-eksklusif).

[Update]: ketika buku diselesaikan hingga 120 ribu kata, maka pihak GoodNovel akan memberikan bonus sesuai kualitas naskah.

Langkah awal menulis di GoodNovel


Langkah apa saja yang harus kita lakukan ketika menulis di GoodNovel?

Ini adalah pertanyaan yang pernah masuk ke email saya. Untuk gambarannya sebagai berikut.

1). Tulis novel sampai mencapai 15 ribu kata (ini syarat utama untuk mengajukan kontrak). 

[Update Mei 2021]: Sekarang penulis GoodNovel hanya perlu 5000 kata untuk mengajukan kontrak. Setiap kata dihitung.

2). Buat sampul novel yang menarik perhatian pembaca

3). Bikin sinopsis novel yang membuat pembaca penasaran

4). Bikin alur cerita yang unik

5). Mencoba aja dulu (syarat mutlak)

Setelah itu, silakan aplly kontrak melalui website GoodNovel. Lalu isi data-data yang telah disediakan.

Tolong dicatat juga: jangan lupa bikin outline novel. Karena outline novel akan diminta oleh pihak GoodNovel.

Lantas, cara bikin outline novel yang menggugah redaksi platform menulis itu gimana?

Silakan baca tulisan saya tentang outline novel yang sudah dibaca ribuan orang: cara simple membuat outline novel.

Kelebihan dan kekurangan GoodNovel yang perlu kalian ketahui

Memahami langkah-langkahnya saja tidak cukup. Kalian sebagai penulis maupun pembaca perlu mengetahui dulu kelebihan dan kekurangan aplikasi ini.

Hal ini perlu saya sampaikan agar kalian mempunyai gambaran sebelum fiks terjun berkarya maupun beranjak buat ngepoin GoodNovel.  Berikut di bawah ini keuntungan menulis di GoodNovel yang sekiranya perlu kalian ketahui.

Keunggulan GoodNovel

Yang menarik bagi saya adalah sudah banyak penulis hebat di seluruh dunia yang bergabung dengan GoodNovel.

Kualitas novel mereka bagus-bagus. Kadang, novel karya mereka bikin saya insecure. Terus, mereka produktif banget update cerita tiap dua hari sekali.

Pilihan genre novel di GoodNovel juga banyak. Sehingga, penulis bebas mau nulis novel apa saja. Mulai dari genre romance, fantasy, misteri, dan genre novel lainnya.

Selain banyak keunggulan bagi penulis, pembaca pun boleh membaca novel, entah saat sedang online maupun offline. Ditambah lagi tampilan aplikasi GoodNovel user friendly. Artinya, mudah sekali digunakan.

Font tulisannya juga enak dipandang. Entah lewat mode gelap maupun mode terang.

Bagi para penulis, sistem pembayaran di GoodNovel jelas, cepat, dan transparan.

Kekurangan GoodNovel

Dari pengalaman saya sebagai pembaca, kekurangan GoodNovel hanya satu; mereka membatasi jumlah koin. Sehingga tidak semua novel dapat kita baca.

Terus pembaca juga harus membeli novel dengan membayar dalam bentuk koin.

Sistem pembayaran GoodNovel bagi penulis

Pembahasan ini juga tak kalah penting saya sampaikan. Mungkin pembaca yang mampir ke blog ini pengin tahu sistem pemberian uang GoodNovel itu kayak gimana sih.

Nah, jadi, setelah kita menulis 15 ribu kata, kita kan ngajuin kontrak nih. Soal info di acc-nya, itu beragam. Ada yang satu Minggu udah diacc, bahkan lebih.

Kalau sistem pembayarannya sendiri menggunakan mata uang USD. Dan minimal pencairannya yaitu senilai $100.

[UPDATE]:  Hanya perlu 5000 kata untuk mengajukan kontrak.

GoodNovel apk


GoodNovel Apk unlimited coins, yuk download sekarang!

Saya rasa, sepertinya saya sudah lengkap membahas GoodNovel. Kalian tinggal download aja aplikasinya sekarang juga untuk mendapatkan koin dari GoodNovel.

Langkah pertama untuk mendowload aplikasi GoodNovel, silakan kalian unduh file Mod Apk dan pastikan kalian udah mengaktifkan kalimat sumber "tidak dikenal" untuk mengizinkan pemasangan aplikasi GoodNovel.

Caranya tinggal klik aja menu pengaturan, keamanan, dan geser ke tombol sumber tidak dikenal tersebut.

Setelah file-nya sukses didownlaod, selanjutnya buka file, terus klik “install” untuk proses instalasi. Daan, tunggu beberapa saat, hingga proses penginstallan tersebut selesai.

Semoga bermanfaat, ya!

Itu lah pengalaman saya menulis di GoodNovel dan juga review singkat tentang GoodNovel. Bagi yang berminat menulis di Dreame: silakan baca pengalaman menulis di Dreame yang saya tulis pekan ini.

-

Gaesss!!! Pengin belajar nulis novel? Ikuti kelas menulis novel bersama Kak Ridwansyah.

Hubungi Tim Penulis Garut melalui WhatsApp: 0895635986914.

-
Artikel Selanjutnya Postingan Selanjutnya
27 Comments
  • Agneslovely2014
    Agneslovely2014 10 Juli 2021 pukul 07.34

    Thanks sharringnya Kak. Aku baru turun kontrak non eksklusif 6 hari lalu. Sedihnya memang jumlah pembaca novelku masih sedikit. Ya semoga bisa terus semangat berkarya karena novelku msh ongoing... Tapi gak ada yg ninggalin review ttg ceritaku. Jadi aku gak tau apa ceritaku bagus apa gak. Genre ku romance. Judulnya Love Me Please, Professor!!! Kalo ada waktu tolong review ya Kak. Thanks b4

    • Ridwansyah penulis Garut
      Ridwansyah penulis Garut 10 Juli 2021 pukul 10.07

      Yaps, Kak. Semangat terus ya. Nanti saya baca hehehe. Terima kasih sudah berkunjungg

    • oni
      oni 1 Agustus 2021 pukul 22.08

      Mau tanya... maksudnya apa yah turun kontrak? turun otomatis karena kurang pembaca atau gimana? emang kakanya kemarin ambil kontrak eksklusif yah?

  • J Shara
    J Shara 28 Juli 2021 pukul 10.45

    Kak, apa harus menghubungi editor dulu ya sebelum posting tulisan kita? Soalnya aku pernah nemu ada editor goodnovel nyari penulis gitu

    • Ridwansyah penulis Garut
      Ridwansyah penulis Garut 28 Juli 2021 pukul 11.17

      Penulis dan editor keduanya saling membutuhkan, Kak. Kakak sebagai penulis, coba cari aja editor GoodNovel. Saran saya itu.

    • J Shara
      J Shara 29 Juli 2021 pukul 10.04

      Mau nanya lagi kakaa..
      Aku udah dikontrak. Di aplikasi ada keterangan klo kontrakku dah dikirim ke emailku, tapi kok aku cek email ga ada ya email dari goodnovel. Apa ditunggu beberapa hari dlu ya kak? Aku cek penulisan emailku d goodnovel sih udah bener

    • J Shara
      J Shara 30 Juli 2021 pukul 20.40

      Oke kak, makasih banyak

  • oni
    oni 1 Agustus 2021 pukul 22.16

    Kak Ridwan, mau tanya, klo pilih kontrak eksklusif kan masanya lima tahun yah. nah terus ada buku kedua dimana buku tersebut lanjutan dari buku pertama. Apa buku kedua terikat juga?

    • Ridwansyah penulis Garut
      Ridwansyah penulis Garut 2 Agustus 2021 pukul 01.35

      Selama karya kamu "ada" di GoodNovel, itu berarti karya kamu masih terikat.

    • oni
      oni 2 Agustus 2021 pukul 10.41

      Ohh, berarti kontrak si penulisnya? bukan kontrak per judul buku?

  • J Shara
    J Shara 5 Agustus 2021 pukul 08.27

    Mau nanya nih kak, kalo kita dapat kontrak non eksklusif bisa kag kita posting cerita yang sama di platform lain dalam waktu yg sama? Atau nunggu dlu setelah novel kita selesai?

    • Ridwansyah penulis Garut
      Ridwansyah penulis Garut 10 Agustus 2021 pukul 19.35

      Sebaiknya jangan melakukan hal itu. Bikin aja cerita yang banyak, lalu kirim ke platform menulis novel yang berbeda. Sebagai penulis, kita harus profesional. Kita penulis, penuh dengan imajinasi, jadi perbanyak lah menulis.

  • MiuraSensei
    MiuraSensei 10 Agustus 2021 pukul 00.10

    Mau tanya nih kak, di GoodNovel dah biasa kah kalau di review nya lama? Itu editor tuh maksudnya apa ya kak, admin di GoodNovel kah?

    • Ridwansyah penulis Garut
      Ridwansyah penulis Garut 10 Agustus 2021 pukul 19.36

      Semakin ke sini, penulis GoodNovel semakin banyak. Jadi, reviewnya agak lama. Yang dimaksud dengan editor, adalah mereka yang menerima/menolak dan juga menyunting naskah yang kita kirim.

  • Kymo
    Kymo 17 Agustus 2021 pukul 07.57

    Terima kasih banyak ilmunya kak. Aku juga baru dapet kontrak non eksklusif kemarin, tapi pembaca masih sedikit huhu terus review nya juga ga ada kak cuman satu aja. Kalo kakak berkenan, mampir dan review karya ku ya kak judulnya Only Look At Me, nama pena Kymo.
    Terima kasih banyak kak ^_^ Sehat selalu..

    • Ridwansyah penulis Garut
      Ridwansyah penulis Garut 17 Agustus 2021 pukul 20.19

      Sama-sama. Semangat terus nulisnya.

  • Rivaldi
    Rivaldi 18 Agustus 2021 pukul 00.25

    Kak mau tanya, saya kan nulis di Goodnovel tanpa tau ini dan itu nya, tau nya nulis aja.
    Eh setelah baca artikel kaka dan yang komen dari atas. Kata kakak tadi di komen atas saran cari editor di goodnovel
    Saya harus nyari nya dimana untuk editor nya itu ? Karena review tanpa orang dalam suka lama banget

    • Ridwansyah penulis Garut
      Ridwansyah penulis Garut 18 Agustus 2021 pukul 13.22

      Menjadi penulis mengajarkan kita arti kesabaran. Maka, sabar lah dalam proses review dari editor.

      Dan untuk mencari editor, cari di grup GoodNovel Facebook, banyak kok. DM juga orang2 yang nulis di GoodNovel. Banyak cara, jangan mengeluh.

  • Sasa Rosani
    Sasa Rosani 31 Agustus 2021 pukul 21.44

    Saya masih bingung kak. Kan apk sebelah itu harus 60rb kata sudah termasuk kontrak dan kunci bab dan nggak boleh bolong update. Baru bisa dapet bonus bulanan.
    Nah kalau di goodnovel, dalam sebulan harus ada minimal jumlah katanya nggak ya kak?

    • Ridwansyah penulis Garut
      Ridwansyah penulis Garut 1 September 2021 pukul 09.35

      Baca baik-baik postingan ini soal update terbaru dari GoodNovel.

  • Minlea
    Minlea 1 September 2021 pukul 07.50

    Permisi kk, aku udh dikontrak eksklusif, tapi aku memang ngga produktif krna sambil kuliah. Jadi mungkin dua bulan baru dapat 60k kata. Disitu aku emng ga dapat gaji yah kk? :(

    • Ridwansyah penulis Garut
      Ridwansyah penulis Garut 1 September 2021 pukul 09.37

      Yah menulis butuh kefokusan. Harusnya fokus. Fokus kuliah aja dulu kalo gitu. Nggak dapet.

  • Mama Indri
    Mama Indri 19 September 2021 pukul 23.16

    Sempat vakum lama di dunia menulis fiksi. Sampe akhirnya ada temen penulis yang menawarkan nulis di Goodnovel. Okelah, dicoba dulu. Baru ngajukan kontrak dan sekarang jadi keranjingan nulis lagi padahal udah setahun berhenti total nulis fiksi. Cari info diluar temen yang nawarin eh ketemu blog ini. Jadi makin semangat aja nih nulisnya.

    • Ridwansyah penulis Garut
      Ridwansyah penulis Garut 20 September 2021 pukul 16.35

      Terima kasih. Baca terus blog ini, ya :))

  • Rafi
    Rafi 21 September 2021 pukul 15.29

    Permisi kakakk saya mau bertanya, saya kan sudah lama buat novel-novel karangan saya sendiri dan saya baru tau tentang mendapatkan uang dari aplikasi/platform novel melalui postingan kakak disini. Nah pada saat saya diterima daftar boleh gak saya masukkan hasil novel saya yang lama saya buat, kedalam aplikasi atau platform saya daftarkan salah satunya Goodnovel ini ?

    • Ridwansyah penulis Garut
      Ridwansyah penulis Garut 22 September 2021 pukul 12.13

      Bikin aja novel baru agar terhindar dari copyright. Novel kamu kan sudah diterbitkan melalui penerbit tertentu.

Tambahkan Komentar
comment url