Artikel Terbaru

Menguak tentang Memberi Tanggapan dengan Santun. Materi ini Paling Mudah Dipahami!

Memberi Tanggapan dengan Santun

Setelah menyampaikan 10 contoh teks diskusi yang simple banget beserta strukturnya, pembahasan berikutnya yang ingin kakak tulis di blog ini yakni tentang kalimat tanggapan. Atau di dalam buku Bahasa Indonesia kelas 9 bab 4 diberi judul "Memberi tanggapan dengan santun".

Mengapa materi tentang memberi tanggapan dengan santun dibahas dalam buku Bahasa Indonesia? Karena setiap peristiwa yang terjadi di dalam kehidupan sehari-hari menarik untuk kita tanggapi. Entah itu peristiwa sosial, film yang kita tonton, atau buku yang sedang kita baca.

Selain itu, kita juga sering mendengar informasi yang disampaikan oleh teman, guru, orangtua, dan masih banyak lagi. Isi informasi tersebut ada yang bernuansa kebaikan, keburukan, informasi yang sudah benar maupun yang belum benar faktanya. Sehingga, kadang kita tertarik untuk menanggapinya.

Akan tetapi, tanggapan yang kita tulis maupun dikatakan secara langsung kadang tidak diiringi dengan sopan santun. Maka dari itu, materi tentang memberi tanggapan dengan santun patut kita pelajari.

Pengertian memberi tanggapan dengan santun

Secara lengkap, "santun" diartikan sebagai sopan santun. Contoh memberi tanggapan dengan santun harus dibarengi dengan berkata halus dan baik. Sehingga tidak menyakiti perasaan orang lain.

Memberi tanggapan dengan santun artinya menanggapi segala hal dengan sikap yang hangat, tidak memprovokasi, dan menggunakan tutur kata yang baik. Hal ini dilakukan agar tidak menyakiti perasaan dari pihak yang sedang kita ajak diskusi.

Sebagai contoh, ketika menanggapi sebuah karya orang lain yang tidak begitu bagus, maka sikap sopan santun yang diperlihatkan adalah dengan tidak mencela karya tersebut. Atau kalau bisa, berikan saran dan masukan yang baik, dan juga memberikan semangat bagi sang pembuat karya dengan cara memuji usahanya.

4 ciri memuji dengan santun

-memberikan pujian yang bikin nyaman orang tersebut
-menghormati dan menghargai karya yang dibuatnya
-tulus, tidak basa-basi
-memberi pujian di waktu yang tepat

Contoh memberi tanggapan dengan santun

1. Wah, karya yang kamu bikin bagus banget! Pasti belajarnya giat sekali, ya?
2. Lukisan kamu keren. Aku kalo ngelukis nggak akan secantik ini, deh!
3. Kamu pasti tipe orang yang ulet. Buktinya, karya yang kamu buat hebat banget...

Cara memberi tanggapan dengan santun

1. Memberi tanggapan dengan tenang, tidak terburu-buru
2. Memberi tanggapan sesuai dengan fakta yang ada
3. Perkataan yang disampaikan tidak boleh menyakitkan dan melecehkan
4. Harus menggunakan kata sopan seperti, "Pak, mohon maaf. Kalo boleh saya komentari, ini karya bapak bagus banget".

"Bu Guru, maaf. Selama saya belajar sama ibu, terasa nyaman banget. Materi yang ibu sampaikan bikin aku paham".

Ciri memberi tanggapan dengan santun

1. Tanggapan yang disampaikan efektif dan tepat sasaran
2. Tanggapan disampaikan dengan sikap terbuka
3. Tanggapan disampaikan dengan mimik, gerak tubuh, nada, dan intonasi yang jelas
4. Menunjukkan data dan fakta agar tanggapan yang disampaikan meyakinkan

Mengapa saat memberikan tanggapan harus menggunakan bahasa yang santun?

1. Agar perasaan orang lain yang kita tanggapi tidak tersinggung
2. Karena bahasa yang santun dapat menjalin kekerabatan
3. Bahasa santun membuat nyaman kedua pihak (yang memberi tanggapan dan yang menerima tanggapan)

Langkah-langkah memberi tanggapan dengan santun

1. Mengangkat tangan terlebih dahulu
2. Kalo ingin memberi pertanyaan, harus memberikan pertanyaan yang sesuai dengan tema yang sedang dibahas
3. Berbicara dengan jelas, tidak bertele-tele
4. Pertanyaan yang dilontarkan jangan menyinggung dan meyepelekan
5. Mengucapkan kata izin, maaf, dan terima kasih

Contoh kalimat pertanyaan yang santun

Awal

Selamat siang, Kak. Perkenalkan nama saya Anita. Izin bertanya mengenai materi yang sedang kita diskusikan hari ini..

Isi pertanyaan

Maaf, bagaimana pendapat kakak perihal (......)

Akhir

Itu saja yang ingin saya tanyakan, Kak. Sebelumnya terima kasih udah ngasih kesempatan saya buat bertanya ke Kakak...


Nah adik-adik, setelah kakak menguak materi memberi tanggapan dengan santun, kakak akan menambahkan sedikit tentang kalimat tanggapan.

Memberi Tanggapan dengan Santun


Kalimat tanggapan

Ini adalah kalimat yang mengandung komentar untuk suatu peristiwa dan informasi. Tanggapan biasanya muncul di forum resmi dan juga tidak resmi. Tanggapan diberikan ketika ada kesimpulan atas informasi yang disampaikan.

Ciri-ciri teks tanggapan

-kalimatnya efektif
-kalimatnya deskriptif
-ada penilaian
-evaluasi
-penegasan ulang
-ada deskripsi teks

Keabsahan teks tanggapan

-harus ada rujukan
-strukturnya harus ada evaluasi, teks deskripsi, dan penegasan ulang
-keabsahan teks tanggapan memuat tanggapan fenomena yang terjadi di sekitar kita

Jenis kalimat tanggapan

Terkait jenis kalimat tanggapan dibagi menjadi dua jenis: ada tanggapan positif dan tanggapan negative. Tanggapan positif biasanya bersifat mendukung, sedangkan tanggapan negative bersifat menjatuhkan.

Langkah-langkah dalam menyusun teks tanggapan

1. Tentukan dulu tema-nya apa
2. Kembangkan tema dan pokok bahasan di dalam tema tersebut
3. Susun ide atau gagasan menjadi kalimat yang logis
4. Cermati teks tanggapan agar sesuai dengan KBBI/PUEBI

Ciri umum kalimat tanggapan

1. Isi kalimat harus bersifat objektif. Artinya, kalimat yang disampaikan berdasarkan data dan fakta
2. Memiliki kaidah bahasa sendiri yang sopan
3. Adanya struktur teks tadi (evaluasi, deskripsi, dan penilaian)

-

Nah itulah pembahasan tentang memberi tanggapan dengan santun. Semuanya sudah kakak kuak, ya. Sebenarnya materi ini paling mudah dipahami sih kalo menurut kakak mah.



Ridwansyah
Pendiri penulis Garut | Penggiat literasi | Follow IG/Twitter: @aaridwan16.

Tidak ada komentar

Tolong berkomentar dengan baik dan logis. Jangan melakukan spam. Kalau bisa, berkomentar lah pakai nama, jangan anonim. Komentar kalian saya filter dulu. Jika komentar kalian sesuai selera saya, akan saya setujui. Terima kasih.