7 Rekomendasi Buku Ilmu Komunikasi yang Gampang Dipahami oleh Mahasiswa Baru [TERBARU]

buku ilmu komunikasi

Sebagai orang yang dekat dengan buku, saya sering kali diminta untuk merekomendasikan buku dengan genre-genre tertentu.

Mungkin sekira empat hari yang lalu, teman saya yang kuliah jurusan Ilmu Komunikasi minta tolong kepada saya, katanya buku apa saja yang cocok buat anak komunikasi?

Tulisan ini muncul atas permintaan teman saya itu. Maka dari itu di postingan kali ini, saya akan merekomendasikan buku ilmu komunikasi yang gampang dipahami oleh mahasiswa baru.

Apakah saya dulu kuliah jurusan Ilmu Komunikasi? Tidak. Namun, buku-buku yang akan direkomendasikan di website penulis Garut ini hasil dari diskusi dengan teman-teman saya yang kuliah di jurusan tersebut.

Berikut 7 rekomendasi buku ilmu komunikasi.

1. Pengantar Ilmu Komunikasi - Professor Deddy Mulyana, M.A, Ph.D

Kata Suha Eli yang belajar komunikasi dan public relations di Universitas Bina Sarana Informatika, diambil dari situs Quora.com, buku ini bagus untuk mulai memahami semua tentang komunikasi.

Penyajian dalam materi buku Pengantar Ilmu Komunikasi ringan dibaca dan mudah dipahami. Untuk mendapatkan buku ini, kalian bisa order di Penulis Garut Store melalui WA saya (0895635986914).


2. Teori Komunikasi - Little John

Masih direkomendasikan oleh Suha Eli, dan teman-teman saya sepakat juga bahwa buku karya Little John ini berisi semua kumpulan teori komunikasi. Di dalam buku ini kalian dapat memahami definisi komunikasi oleh satu ahli komunikasi saja.

Artinya, setelah kalian membaca buku ini maka kalian bakalan tahu arti komunikasi itu apa. Dengan hanya mendengar melalui satu ahli komunikasi doang.

3. Teknik Praktis Riset Komunikasi - Rachmat Kriyantono

Buku ini saya rekomendasikan untuk teman-teman yang nantinya mau skripsian dan kebetulan mendapatkan penelitian yang sifatnya kuantitatif.

4. Metode Penelitian: Studi Media dan Kajian Budaya - Rachman Ida

Kalau kalian ingin mempelajari kajian tentang media dan budaya, buku ini wajib kalian beli. Sebab dalam buku ini, si penulis tidak hanya menyajikan teorinya saja.

Bahasa yang digunakan dalam buku ini ringan dan gampang dipahami. Terlebih, ada semacam studi kasusnya dari luar negeri.

5. Encyclopedia of Communication Theory - Stephen W Littlejohn dan Karen Foss

Buku ini tujuannya hampir sama dengan buku Rachmat Kriyantono tadi, yakni untuk bahan skripsian. Bedanya, dalam buku ini, kalian dapat mengetahui istilah-istilah Ilmu Komunikasi.

6. Theories Of Human Communication

Buku ini ditulis oleh penulis buku yang saya rekomendasikan sebelumnya, yaitu Stephen W Littlejohn dan Karen Foss.

Hanya saja di dalam buku ini, kalian akan disuguhkan pandangan tentang fondasi dan teori komunikasi yang sederhana, yang akan memudahkan kalian dalam memahami materi Ilmu Komunikasi.

7. Interpersonal Communication: Everyday Encounters - Julia T. Wood

Nah buku terakhir yang saya rekomendasikan ini adalah buku yang pernah saya baca. Sebab, buku ini bukan hanya untuk anak komunikasi saja, tapi umum. Mahasiswa yang bukan jurusan Ilmu Komunikasi, wajib juga baca buku Interpersonal Communication: Everyday Encounters ini.

Kenapa?

Karena dalam buku ini membahas cara mengatasi konflik kehidupan. Dan juga memberikan cara gimana membangun cinta yang baik sesama manusia.

Artikel Selanjutnya Postingan Selanjutnya
Tidak Ada Komentar
Tambahkan Komentar
comment url