Artikel Terbaru

3 Persiapan Moderator Acara Literasi yang Wajib Diketahui

Moderator acara literasi

Postingan saya tentang 6 saran terhadap moderator acara literasi yang dipublikasikan pada tahun lalu sudah dibaca banyak orang. Tercatat, ada dua ribu lebih pembaca yang mampir. Dan postingan itu nangkring di halaman pertama Google.

Sedikit mengulas lagi mengenai 6 saran tersebut, di situ saya menyampaikan kejengkelan saya terhadap moderator acara literasi yang tingkat literasinya rendah. Sehingga saat dirinya memimpin acara literasi, banyak kesalahannya.

Untuk meminimalisir kesalahan saat memimpin acara literasi, di sini saya ingin berbagi tentang persiapan apa saja yang harus dilakukan oleh moderator acara literasi. Mulai dari persiapan sederhana sampai nanti pas di hari H.

Simak penjelasannya di bawah ini dengan seksama.

1. Persiapan sederhana

1). Mencatat poin-poin penting yang akan disampaikan

Menjadi moderator acara literasi, ibarat mau berpidato. Ada hal-hal yang harus kalian catat, dan wajib disampaikan. Mulai dari ucapan salam sampai penutup. Lantas apa saja poin-poin yang harus disampaikan?

Pertama, ucapan salam. Kedua, menyambut audience yang hadir. Kemudian ucapan "yang saya hormati" kepada orang-orang yang kiranya penting di acara tersebut. Ketiga, mengenalkan narasumber kepada audience.

Tiga poin di atas untuk membuka acara yang kalian pimpin. Selanjutnya perhatikan isi dari acara literasi tersebut.

2). Membuat outline yang berisi pertanyaan-pertanyaan kepada narasumber

Acara literasi biasanya berupa bedah buku dan launching buku. Keduanya berbeda. Namun kalau kalian ditunjuk sebagai moderator acara literasi oleh EO acara, maka siapkan beberapa pertanyaan kepada narasumber.

Untuk membuat beberapa pertanyaan, anggaplah acara launcing buku, hal utama yang harus kalian lakukan yaitu membaca buku karya narasumber tersebut.

Masih banyak moderator acara literasi yang bertanya dengan pertanyaan klasik seperti, "Tips menulisnya apa saja?". Ini dikarenakan dia tidak membaca buku narasumbernya. Atau mau-mau saja ketika disuruh jadi moderator acara literasi padahal tidak tahu tentang dunia menulis dan membaca.

Coba bikin pertanyaan yang menggugah narasumber dan beda dari yang lain. Misalnya, "Penulis kan identik dengan membaca. Nah, media online yang sering Anda baca apa saja? Dan kenapa?".

Atau pertanyaan yang berkaitan dengan dunia kepenulisan seperti, "Kira-kira tulisan Anda gayanya mirip siapa?". Intinya, jangan memberikan pertanyaan klasik dan membosankan.

Buat lah pertanyaan sebanyak mungkin. Entah itu mengenai latar belakang si narasumber, isi bukunya, dan masih banyak lagi. Kulik semuanya. Bikin narasumber kaget dan tercengang kalau kamu sedikit tahu tentangnya.

3). Latihan ngomong

Setelah mencatat poin-poin yang harus kalian sampaikan dan membuat outline cerita, selanjutnya adalah latihan ngomong.

Latihan ngomong ini, entah di depan cermin maupun direkam oleh aplikasi perekam di ponsel kalian.

Saya sering latihan ngomong meski sudah biasa menjadi moderator acara literasi. Ini artinya, saya menyiapkan betul ketika orang menunjuk saya sebagai moderator.

Radio penulis Garut yang sering kalian dengar juga bisa lancar banget karena latihan ngomong dulu.

2. Persiapan pas di hari H

1). Datang lebih awal, satu jam sebelum acara dimulai

Agar kalian dikenal dan dipercayai oleh EO acara, disiplin lah sama diri kalian sendiri. Salah satunya berangkat ke acara satu jam sebelum acara dimulai.

Di sana nanti ngapain aja? Pertama, membaca ulang persiapan-persiapan yang sudah kalian bikin di rumah. Kedua, membaca buku si narasumber lagi. Ketiga, mengumpulkan semangat dengan memperhatikan acara. Entah panggung acara hingga penonton yang hadir.

2). Berkomunikasi dengan panitia acara

Banyak hal yang perlu dikomunikasikan dengan panitia acara. Mulai dari apakah penonton yang bertanya dapat hadiah? Ada perubahan jadwal atau tidak? Dalam hal ini, moderator acara harus aktif bertanya.

3). Berdiskusi dengan narasumber

Agar narasumber tidak kecewa, diskusikan pertanyaan yang sudah kalian bikin dengannya. Takutnya ada beberapa pertanyaan yang mungkin agak sensitif. Sehingga, narasumber nanti minta dicoret pertanyaan ini dan itu.

3. Bikin persiapan untuk menutup acara

Ucapan terima kasih wajib kalian sampaikan dalam sesi penutupan acara. Terima kasih kepada penonton, narasumber, dan panitia pelaksana acara.

Dan jangan lupa, moderator berhak memberikan kesimpulan acara yang diambil dari pernyataan narasumber. Bukan menyimpulkan acara lewat pemikiran moderator acara literasi.


Ridwansyah
Pendiri penulis Garut | Penggiat literasi | Follow IG/Twitter: @aaridwan16.

Tidak ada komentar

Tolong berkomentar dengan baik dan logis. Jangan melakukan spam. Kalau bisa, berkomentar lah pakai nama, jangan anonim. Komentar kalian saya filter dulu. Jika komentar kalian sesuai selera saya, akan saya setujui. Terima kasih.