Artikel Terbaru

6 Tips Menumbuhkan Minat Baca ala Najwa Shihab

Tips Menumbuhkan Minat Baca ala Najwa Shihab
Sumber gambar: Kompasiana.com

Siapa yang tidak kenal dengan Mbak Najwa Shihab? Perempuan yang kerap disapa Mbak Nana itu pernah berbagi tips untuk menumbuhkan minat baca buat kita semua.

Berhubung di postingan sebelumnya saya sering menulis tentang tips menulis maka pada kesempatan hari ini, saya akan membagikan 6 tips menumbuhkan minat baca ala Najwa Shihab.

Saya rasa, menulis tips menumbuhkan minat baca tak kalah penting juga untuk dibagikan mengingat minat baca di Indonesia terbilang rendah.

Semoga, setelah membaca tips menumbuhkan minat baca ala presenter acara Mata Najwa ini, teman-teman bisa langsung tertarik untuk membaca atau semakin rajin membacanya. Simak baik-baik.

Membaca minimal 30 menit sehari

Tidak ada ruginya bagi kita semua meluangkan waktu minimal 30 menit sehari untuk membaca buku. Bahkan, dalam kondisi sibuk pun, sebaiknya luangkan saja.

Hal ini, saya kira, mudah untuk kita lakukan jika kita peduli terhadap diri kita sendiri. Kelak, jika kita suka dengan aktivitas membaca maka khususnya, literasi dalam keluarga kita, nantinya kebawa positif.

Bayangkan kedepannya kita memiliki seorang anak, tentu saja kalo kita sendiri suka membaca maka efek positif muncul. Barangkali, kita akan lebih mengupayakan anak kita untuk rajin membaca ketimbang melakukan aktivitas yang merugikan.

Baca bertahap, 5 menit, 5 menit!

Dibalik tips menumbuhkan minat baca ini, ada cara lain jika kita sulit membaca sehari dilangsungkan 30 menit.

Nah, untuk mengatasi kebosanan maka membaca bukunya dengan cara bertahap. 5 menit di waktu pagi. 5 menit di waktu petang, sore, malam, atau sebelum tidur.

Atur sebaik mungkin hingga mencapai menit minimal itu. Ini lebih ringan, kan?

Nonaktifkan notif medsos

Apa yang mengganggu kita saat menulis? Bahkan, pas juga untuk saya kategorikan bahwa yang mengganggu saya dalam menulis sekaligus membaca, adalah gadget.

Dengan menonaktifkan notif medsos atau log out semua akun medsos, kita lebih fokus membaca.

Bersyukur, saat ini sudah dapat mengurangi penggunaan media sosial sehingga lebih rutin membaca dan konsisten menulis.

Kamu perlu mencobanya!

Baca juga: 4 Hal yang Suka Menganggu Kita saat Menulis.


Membaca buku yang kamu sukai

Ada pesan yang sangat menarik dari Mbak Nana, "Cuma perlu satu buku untuk jatuh cinta pada pembaca. Carilah buku itu. Mari jatuh cinta".

Tips keempat untuk menumbuhkan minat baca bagi kita semua yakni bacalah buku yang kamu sukai. Lebih dalam maksud tips keempat ini, adalah kamu cari buku yang saat ini kondisi hati atau pikiran kamu sedang bagaimana?

Saya pernah terpuruk dalam hidup maka saya cari buku pengembangan diri. Dan buku tersebut dapat menggugah hati saya hingga mau bangkit lagi.

Ketika kamu terus mencari buku, apa saja, nanti bakal ketemu satu atau dua buah buku yang bakal kamu suka hingga candu dalam aktivitas membaca. Percaya!

Cari teman yang suka membaca juga

Mencari teman yang suka membaca buku itu emang susah-susah, susah sih, heuheu. Tapi, jika ruang lingkup kita hanya sekadar di kampung, mungkin gak bakalan ketemu, mungkiin ya. 

Cobalah untuk berselancar di media sosial, cari komunitas membaca, cari taman-taman baca di sekitar kota kamu, cari akun-akun yang selalu memposting kegiatan menulis dan membaca, DM mereka, ajak ketemuan dan gabung.

Saya dulu sering melakukan ini hingga punya platform sendiri, yakni penulis Garut.

Luangkan waktu untuk ke toko buku 

Selain meluangkan waktu untuk membaca, nah bagaimana jika bacaan kamu sudah kamu lahap semuanya? Solusinya luangkan juga waktu hidup kamu untuk ke toko buku.

Saya pribadi, ada seneng-senengnya kalo sudah membeli buku ke toko buku. Ini upaya agar toko buku di kota saya bisa hidup. Karena cara bertahan mereka tentu dengan adanya pengunjung, dengan adanya pembeli.

Mumpung di kota Garut sudah ada Gramedia. Yuk luangkan waktu kamu untuk ke Gramedd!!

***

Itulah 6 tips menumbuhkan minat baca ala Najwa Shihab. Sumber referenshi: ruangkreasi.id dan membacacepat.com.


Ridwansyah

Pendiri penulis Garut

Tidak ada komentar

Tolong berkomentar dengan baik dan logis. Jangan melakukan spam. Kalau bisa, berkomentar lah pakai nama, jangan anonim. Komentar kalian saya filter dulu. Jika komentar kalian sesuai selera saya, akan saya setujui. Terima kasih.