5 Tips Keren Menjadi Penulis Andal dari Stephen King

Menjadi Penulis Andal dari Stephen King
Sumber gambar: editorial.rottentomatoes.com

Jika menengok 5 tips keren menjadi penulis andal dari Stephen King yang akan saya sebutkan di postingan kali ini agak sulit untuk dilakukan. Namun, step by step apa salahnya untuk mencoba dulu?

Tips menjadi penulis andal dari Stephen King di bawah ini punya manfaat besar sekali, sekalipun tantangannya besar juga. Akan tetapi, setidaknya, dengan mengamalkan tips menjadi penulis andal, khususnya untuk saya pribadi, barangkali bisa tampil lebih profesional menjadi seorang penulis.

Stephen King sendiri merupakan penulis yang berasal dari Amerika Serikat. Penulis yang lahir pada tanggal 21 September 1947 dikenal dengan karyanya yang berjudul The Shinning, Children of The Corn, Carrie dan masih banyak lagi.

Nah, dalam memoarnya yang berjudul On Writing, Stepehen King berbagi pendapatnya tentang menjadi seorang penulis andal. Dan sebenarnya, ada banyak sekali pendapat Stephen King tentang menjadi penulis andal ini, tetapi saya mengambilnya 5 tips dulu untuk pengingat saya pribadi.

Berikut 5 tips keren menjadi penulis andal dari Stephen King.

Berhentilah menonton televisi dan bacalah buku sesering mungkin

Yang pertama, untuk merefleksikan diri agar menjadi penulis andal alias penulis yang bisa dipercaya sisi profesionalismenya, adalah berhenti menonton televisi dan bacalah buku sesering mungkin.

"Benda itu (televisi) bisa meracuni kreativitas Anda" ujar Stephen King. "Jika Anda ingin menjadi seorang penulis, ada dua hal utama yang harus Anda lakukan: banyak membaca dan banyak menulis" lanjutnya.

Sepakat sih dengan pendapat Stephen King, televisi memang toxic, apalagi tayangan gosip dan sinetron yang anomali untuk kita tonton. Mungkin kedepannya, saya akan mengurangi sedikit-sedikit kegiatan menonton televisi~

Persiapkan diri untuk kegagalan dan kritikan

"Anda akan sering mengalami yang namanya krisis kepercayaan diri. Jika Anda menulis atau melukis, menari, menyanyi, memahat. Pasti akan ada saja yang menilai Anda buruk".

Agar menjadi penulis andal, Stephen King menyarankan kepada kita semua untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi kegagalan. Misalnya, gambaran kegagalan itu: kita berhenti menulis akibat krisis kepercayaan diri. Merasa tulisan kita jelek lalu canggung untuk dipublikasikan dan berhenti menulis.

Ide berhenti menulis itu ide yang buruk. Sebaiknya, lanjutkan saja. Kegagalan memang pasti akan dirasakan, tetapi singkirkan kegagalan itu dan bangkit menyongsong kesuksesan.

Selain siap menghadapi kegagalan, kita juga harus siap menerima kritikan. Dengan mempersiapkan diri untuk kegagalan dan kritikan, kita bisa tampil profesional menjadi penulis andal.


Menulis untuk diri anda sendiri

Tips ketiga dari Stephen King adalah tips yang paling favorit bagi saya. Dia bilang, "Aku melakukannya (menulis) untuk kesenangan. Jika Anda melakukannya untuk kesenangan, maka Anda bisa melakukannya sampai kapan pun".

Memang, dengan menulis karena niat untuk membahagiakan diri kita sendiri, ini akan mempermudah karir kita di dunia kepenulisan.

Jangan pernah mencuri gaya orang lain

Terkait tips keempat ini, ada pepatah dari Stephen King, bunyinya begini "You cant iam a book like a cruise missile". Ketika kita meniru gaya menulis orang lain daripada melatih kemampuan diri kita sendiri, kita tidak akan menghasilkan apapun kecuali sebuah barang tiruan.

Itu disebabkan karena kita tidak akan pernah bisa meniru dan menyamai secara persis apa yang dirasakan dan dialami seseorang. Lagi pula, apa susahnya kita menulis sesuai versi kita masing-masing. Dan nanti kita punya ciri khas juga dimata pembaca.

Jadi, saya kira, hindari meniru gaya menulis orang lain. Baca juga: 5 Sikap Toxic dalam Aktivitas Menulis yang Harus Dihindari.

Menikah, hidup sehat dan jalani kehidupan dengan baik

Stephen King mengungkapkan, ada dua faktor yang membuat dirinya sukses, yaitu kesehatan dan keluarga. Dan perihal menjalani kehidupan dengan baik, ia bilang bahwa memiliki keseimbangan dalam hidup itu penting. Jadi, jangan biarkan kegiatan menulis menghabiskan waktu hidup kita.

"Kita tetap manusia. Jadi, temuilah orang-orang. Pergi ke suatu tempat dan minum-minum jika kau suka".

Wah, untuk menjalani kehidupan dengan baik bisa saya atur. Mana mungkin seharian penuh menghabiskan waktu di depan laptop. Yang belum tercapai hanya belum berkeluarga saja..

***

Itulah 5 tips keren menjadi penulis andal dari Stephen King. Mari, sedikit-sedikit kita aplikasikan tipsnya.


Ridwansyah

Pendiri penulis Garut

Artikel Selanjutnya Postingan Selanjutnya
Tidak Ada Komentar
Tambahkan Komentar
comment url