Tips Memilih Editor Buku

Tips Memilih Editor Buku

Memilih editor buku adalah salah satu keputusan terpenting yang akan Anda buat sebagai penulis.

Apakah Anda berharap untuk diterbitkan melalui penerbit tradisional atau siap memasuki dunia penerbitan mandiri, Anda memerlukan editor profesional untuk membentuk naskah Anda dan menyiapkannya untuk menjadi sorotan. Dan jika Anda termasuk dalam kelompok pertama—mereka yang ingin ditandatangani oleh penerbit buku tradisional—jangan lewati langkah ini.

Anda mungkin bertanya-tanya, "Apakah penerbit tidak akan memiliki editor buku untuk mengurus pengeditan jika saya membuat kesepakatan buku?" Dan ya, Anda mungkin akan bekerja dengan editor setelah mendaftar dengan penerbit, tetapi Anda harus melakukannya terlebih dahulu.

Penerbit menerima banyak manuskrip setiap bulan; Sayangnya, banyak yang tidak terpoles. Potensinya mungkin ada, tetapi penerbit tidak memiliki waktu atau keinginan untuk memupuk ide bagus.

Jika Anda ingin mengesankan seorang editor dari penerbit tradisional, kirimkan naskah yang telah mengalami penyuntingan yang ketat. Ini adalah cara terbaik untuk menarik perhatian penerbit. Editor profesional mana pun dapat mengetahui apakah Anda telah melakukan pekerjaan ekstensif pada sebuah buku atau masih dalam tahap awal.

Jika Anda menerbitkan sendiri buku Anda, Anda memiliki alasan yang sama untuk bekerja sama dengan editor buku. Meskipun Anda mungkin tidak memasarkan manuskrip Anda ke penerbit tradisional, Anda akan menjualnya ke masyarakat umum. Mitra sastra akan membantu Anda mempersiapkan buku Anda untuk menjadi sorotan. Editor buku Anda akan bermitra dengan Anda untuk memastikan buku Anda dalam kondisi terbaik.

Mari jelajahi manfaat tambahan bekerja dengan editor buku dan cara memilih yang tepat untuk Anda.

Baca Juga: Bagaimana Cara Merencanakan Trilogi Buku?

Tips Memilih Editor Buku

MANFAAT BEKERJA DENGAN EDITOR BUKU

Apa yang akan Anda peroleh dengan menyewa editor buku profesional? Berikut adalah beberapa cara Anda akan mendapatkan keuntungan:

PENINGKATAN KUALITAS DAN KEJELASAN TULISAN

Tulisan yang bagus tidak terlihat. Kata-kata Anda harus melebur ke dalam pikiran pembaca. Itu hanya terjadi jika naskah Anda jelas. Dengan bekerja sama dengan seorang editor, Anda akan menyempurnakan tulisan Anda dan menemukan prosa yang sempurna untuk menyampaikan ide-ide besar Anda.

PERBAIKAN STRUKTUR KALIMAT

Panjang dan struktur kalimat Anda akan memengaruhi cara seseorang membaca cerita Anda. Itu karena struktur kalimat memengaruhi suasana hati dan tempo. Tetapi kebanyakan penulis tidak tahu bagaimana menyusun kalimat yang sempurna untuk konsumsi sastra. Mungkin yang lebih membuat frustrasi, struktur kalimat yang ideal akan bervariasi menurut genre, audiens yang dituju, gaya penulis, dll. Editor profesional akan membantu Anda mengasah tulisan Anda menjadi struktur kalimat terbaik untuk kebutuhan Anda.

PENINGKATAN ORGANISASI DAN ALUR BUKU

Struktur kalimat ada di level mikro, tetapi editor Anda juga dapat membantu Anda di level makro. Editor Anda akan membantu Anda melihat detail kecil dan gambaran besarnya. Mereka akan membantu Anda mengatur cerita Anda agar pembaca tetap tertarik pada karakter dan penderitaan mereka alih-alih bosan sampai menangis karena latar cerita yang salah tempat.

MENGIDENTIFIKASI SETIAP INKONSISTENSI ATAU KESALAHAN

Karakter atau alur cerita yang tidak konsisten adalah salah satu kesalahan terburuk yang dapat dibuat oleh seorang penulis. Karena Anda begitu dekat dengan cerita, Anda mungkin tidak menyadari adanya kesalahan konsistensi dalam cerita karakter. Tetapi pembaca Anda akan melakukannya. Untungnya, seorang editor buku juga akan melakukannya. Mereka dapat mengidentifikasi semua kesalahan mencolok yang terlewatkan oleh mata Anda dan memberikan tip untuk memperbaikinya.

PENINGKATAN KETERBACAAN

Editor profesional adalah pembaca profesional. Anda harus memilih editor yang berpengalaman dalam genre Anda. Akibatnya, mereka akan tahu apakah buku Anda dapat dibaca. Dengan kata lain, mereka akan tahu apakah audiens yang Anda tuju akan senang membacanya. Editor Anda akan membantu meningkatkan keterbacaan naskah Anda dengan menawarkan panduan yang disesuaikan.

SARAN UNTUK MEMPERBAIKI KONTEN CERITA

Kadang-kadang, ide dasarnya bagus tetapi tercekik oleh penceritaan yang buruk. Seorang editor akan membantu Anda menyederhanakan cerita Anda, mengatur ulang karakter Anda, dan memperkenalkan sumber konflik yang lebih kuat. Ingatlah bahwa draf pertama bukanlah draf akhir. Editor Anda akan membantu Anda memenuhi potensi cerita Anda dan tidak hanya mengisyaratkan potensinya.

Baca Juga: Cara Mendesain Cover Buku

PENINGKATAN PELUANG DITERIMA OLEH RUMAH PENERBITAN

Jika Anda menginginkan kesepakatan penerbitan, Anda akan meningkatkan peluang yang menguntungkan Anda dengan mengirimkan naskah yang diedit secara profesional. Ini adalah cara terbaik untuk menonjol dari tumpukan manuskrip lain—yang sebagian besar tidak memiliki suntingan profesional.

KETENANGAN PIKIRAN BAHWA BUKU ANDA ADALAH YANG TERBAIK

Anda berutang kepada diri sendiri dan audiens masa depan Anda untuk membuat naskah terbaik, dan editor buku akan membantu Anda mencapai tujuan itu.

6 PERTANYAAN UNTUK DITANYAKAN KEPADA EDITOR BUKU SEBELUM MEMPEKERJAKAN MEREKA

Menyewa editor buku adalah pekerjaan yang signifikan. Karena Anda akan menginvestasikan uang hasil jerih payah Anda ke dalam layanan pengeditan, penting untuk melakukan uji tuntas saat memilih editor. Berikut adalah beberapa pertanyaan untuk ditanyakan saat mempertimbangkan editor buku untuk naskah Anda:

1. APA PENGALAMAN ANDA DI INDUSTRI BUKU?

Untuk hasil terbaik, pilih editor dengan pengalaman setidaknya beberapa tahun di industri buku. Anda mungkin lebih suka editor buku atau agen sastra.

2. LAYANAN APA YANG ANDA TAWARKAN?

Layanan penyuntingan dapat mencakup kritik manuskrip, penyuntingan ekstensif, dan penyalinan. Cari tahu layanan pengeditan terbaik untuk Anda di sini .

3. APAKAH ANDA BERSPESIALISASI DALAM GENRE TERTENTU?

Setiap genre memiliki standar dan harapannya sendiri. Pilih editor yang berspesialisasi dalam genre pilihan Anda.

4. BERAPA WAKTU PENYELESAIAN ANDA?

Editor yang baik akan memberikan garis waktu kapan Anda dapat mengharapkan suntingan mereka.

5. APAKAH ANDA MEMILIKI REFERENSI?

Pilih editor berpengalaman yang, lebih disukai, memiliki pengalaman bekerja dengan penerbit besar. Poin bonus jika karya yang diedit telah membantu penulis memenangkan penghargaan atau pengakuan kritis. Minta seorang editor untuk memberikan daftar buku karya mereka.

6. APAKAH ANDA MEMILIKI PENGALAMAN DENGAN SELF-PUBLISHING?

Jika tujuan Anda adalah untuk menerbitkan sendiri, pertimbangkan untuk bekerja dengan editor buku yang memahami tantangan unik yang akan Anda hadapi dan akan mendukung Anda sesuai dengan itu.

Kami dapat membantu Anda menemukan editor yang hebat. Dapatkan cocok dengan editor buku di sini .

PRAKTIK TERBAIK UNTUK BEKERJA DENGAN EDITOR BUKU

Jika Anda belum pernah menyewa editor buku sebelumnya, Anda mungkin memiliki beberapa pertanyaan tentang cara kerja semuanya. Inilah yang perlu Anda ketahui tentang bekerja dengan editor buku:

PERJELAS HARAPAN KOMUNIKASI ANDA

Editor kemungkinan akan memiliki standar komunikasi, tetapi Anda harus tahu apa yang diharapkan. Selama pertemuan awal dengan editor Anda, tetapkan aturan komunikasi yang jelas. Diskusikan bagaimana Anda akan berkomunikasi satu sama lain dan seberapa sering.

AJUKAN PERTANYAAN KETIKA ANDA TIDAK MEMAHAMI SESUATU

Jangan takut untuk meminta klarifikasi jika Anda mendapatkan umpan balik yang membuat Anda bingung. Editor harus dapat menguraikan umpan balik yang mereka berikan.

IKUTI UMPAN BALIK DAN SARAN EDITOR

Jika Anda mempekerjakan seorang editor, Anda memercayai mereka untuk memberi Anda nasihat yang solid dan profesional. Meskipun Anda tidak harus memasukkan semua yang disarankan editor, sangat penting untuk menjalani proses dengan pikiran terbuka dan kemauan untuk berubah. Pertimbangkan baik-baik apakah ide mereka akan membantu cerita Anda selaras dengan yang Anda inginkan. Baca catatan dan buat perubahan yang sesuai jika menurut Anda itu membantu cerita Anda.

BERSIAPLAH UNTUK PERJALANAN BERGELOMBANG

Proses editingnya tidak mudah. Dorongan alami Anda adalah bersikap defensif terhadap pekerjaan Anda. Pisahkan diri Anda dari pekerjaan Anda dan ingatlah untuk tidak tersinggung. Editor tidak menyerang Anda secara pribadi. Tugas mereka adalah membantu Anda menghasilkan karya terbaik Anda; terkadang, proses itu bisa bergelombang.

PIKIRAN AKHIR

Editor buku Anda akan memainkan peran besar dalam kesuksesan akhir buku Anda. Sementara Anda menghadirkan kreativitas, editor buku Anda menghadirkan kritik. Mereka akan memiliki mata kritis dan wawasan profesional untuk membantu Anda membuat naskah terbaik.

BACA JUGA: Penulisan Dialog yang Benar

Artikel Selanjutnya Postingan Selanjutnya
Tidak Ada Komentar
Tambahkan Komentar
comment url