Contoh Biografi Orang Tua Paling Singkat

Contoh Biografi Orang Tua


Untuk membuat biografi orangtua sendiri sebenarnya gampang saja. Hal yang perlu kalian lakukan adalah membaca dulu contoh biografi orang tua yang akan saya jelaskan di bawah ini.

Akan tetapi, sebelum saya menulis contoh teks biografi tentang orang tua, ada baiknya kalian memahami apa yang dimaksud dengan biografi.

Nah, untuk mengetahui arti teks biografi, silakan simak penjelasan berikut ini:

Apa itu biografi?

Biografi adalah kisah nonfiksi tentang kehidupan seseorang. Biografi dapat ditulis oleh siapa dan kapan saja. Bahkan, kita boleh juga menulis biografi diri sendiri.

Penulis biografi menggunakan sejumlah sumber yang berbeda untuk mengumpulkan informasi yang mereka butuhkan guna memberi pembaca pandangan tentang kehidupan tokoh yang ditulisnya. Mereka menggunakan wawancara untuk menceritakan tokoh yang hendak ditulisnya.

Mereka juga akan menggunakan foto, artikel berita, buku harian, dan banyak sumber lain untuk menyajikan sketsa biografis yang kohesif, dan biasanya ada cerita kronologis dari kehidupan tokoh tersebut.

Berikut contoh teks biografi orang tua.

Contoh biografi orang tua

Biografi tentang orang tua khusus untuk ayah

Ayah saya bernama Rijal. Ayah lahir dari keluarga yang sederhana. Meski keluarga ayah sederhana, tapi mulai dari kakak sampai adik-adiknya bergelar S-1 semua. Hal ini disebabkan karena orangtua ayah (nenek-kakek saya) mementingkan pendidikan. Kata ayah, pendidikan itu mampu mengatasi kemiskinan. Makanya orangtua ayah mati-matian menyekolahkan anak-anaknya agar nantinya bisa hidup tenang.

Ayah memiliki dua kakak dan dua adik. Ayah berada di tengah-tengah. Artinya, ayah anak ketiga dari lima bersaudara. Ayah lulusan sarjana pendidikan. Sehingga, saat ini, ayah saya berprofesi sebagai seorang guru.

Ayah sudah lama ngajar di SMA 4 Bandung. Ayah ahli dalam dunia biologi. Kecintaannya terhadap ilmu Biologi membuat ayah cinta sama binatang dan kesehatannya. Di rumah, kami memiliki empat kucing. Dan alhamdulilah ayah tidak merokok. Saking cintanya sama kucing dan kesehatan, saran ayah kepada anak-anaknya adalah cintai binatang dan cintai tubuh sendiri. Dengan begitu, hidup akan terasa nyaman. Nyaman karena punya hewan peliharaan dan tenang di masa tua karena sehat.

Terbukti, sejauh ini, tubuh ayah sangat sehat meski usia sudah menua sekali. Ini disebabkan karena saat muda sampai sekarang, ayah rajin olahraga seperti lari di pagi pada hari Minggu. Lalu kecintaan ayah terhadap aktivitas jalan kaki yang membikin anggota tubuh dia sehat semua. Ayah belum pernah sakit-sakitan.

Ayah saya sendiri lahir pada 1975. Bayangkan dengan usia ayah yang sudah tidak muda lagi, ia masih bugar. Selain itu, prestasi ayah di bidang akademik terbilang bagus. Waktu SMA dan Kuliah, ia pintar sekali. Selalu berada di peringkat yang bagus dan juga selalu mendapatkan IPK di atas rata-rata.

Aku sayang sekali sama ayah.

Biografi tentang orang tua khusus untuk ibu

Ibu saya memiliki nama yang cukup unik, yaitu Elena Risma. Nama panggilannya Bu Risma. Padahal, nama depannya itu bagus. Seperti nama orang luar negeri. Ibu lahir pada tahun 1983. Ia lebih muda daripada ayah. Pekerjaan ibu sebagai ibu ramah tangga saja. Namun, meski pekerjaannya sebagai IRT, ia tetap saja membanggakan saya. Karena sentuhan kasih sayangnya luar biasa banget bagi saya.

Ibu tidak pandang bulu terhadap anak-anaknya. Semua anak ibu, benar kakak dan adik-adik saya, disayang semuanya. Cara ibu mendidik kami dengan kasih sayang yang luar biasa. Saya sebagai anak nyaman sekali melihat didikan ibu. Ia pendengar sejati bagi anak-anaknya dikala resah.

Kisah ibu tidak begitu menarik seperti ayah. Waktu muda, ibu tinggal di kampung di mana selalu saja disuruh berumah tangga dengan cepat oleh orangtuanya. Namun, meski begitu, syukurnya ia menikah dengan lelaki yang tepat. Yaitu ayah saya yang cocok sekali bagi ibu.

Ibu lulusan SMA. Ia tidak kuliah karena terhalang biaya. Masa SMA ibu cukup bagus karena sama-sama pintar seperti ayah. Saya sayang sekali terhadap ibu saya.

Bagaimana Cara Menulis Teks Biografi untuk Orangtua?

Seperti pada contoh di atas, menulis teks biografi itu gampang saja. Layaknya kita sedang menceritakan kisah singkat orangtua sendiri. Namun, yang namanya teks biografi, perlu dilengkapi oleh hal-hal berikut:

1). Sebutkan nama lengkap orangtua, jika nama orangtua tidak memiliki dua kata, tulis seadanya saja
2). Cantumkan tahun lahir orangtua sendiri/tokoh yang mau kita tulis biografinya
3). Tulis kisah singkat orangtua, terutama di masa mudanya
4). Tulis dengan kisah yang seadanya saja. Simple, namun berisi
5). Jelaskan cara mendidik orangtua dan perkataan atau pesan apa saja yang pernah mereka sampaikan kepda kita

Lima poin saja, menurut saya, sudah cukup. Tinggal bikin sendiri saja oleh adik-adik semua.

Sekian, itulah contoh biografi orang tua. Tinggal tiru saja contohnya.

Artikel Selanjutnya Postingan Selanjutnya
Tidak Ada Komentar
Tambahkan Komentar
comment url