Cara Saya Membuat Plot Cerita agar Menarik

cara membuat plot cerita agar menarik


Selama berkarir di dunia penulisan buku, entah itu nulis novel maupun cerpen, ada dua hal yang pasti saya persiapkan dulu sebelum menulis cerita. Pertama, membikin kerangka. Dan kedua, menyusun plot cerita.

Berhubung beberapa bulan lalu sudah pernah membahas tentang kerangka novel, maka pada kesempatan ini, saya ingin berbagi tentang cara membuat plot cerita agar menarik.

Dengan membikin plot cerita yang terkesan menarik, maka pembaca pun akan terkesima sama cerita novel maupun cerpen yang kita buat. Oleh sebab itu, plot cerita sama-sama memiliki peran penting, layaknya pembuatan tokoh cerita maupun penggunaan diksi-diksi yang dapat merangsang pembaca.

Untuk memahami lebih luas tentang apa itu plot dan bagaimana cara membuatnya, silakan perhatikan beberapa hal penting yang mesti kalian pahami di bawah ini.

Apa itu plot cerita?

Sederhananya, mengutip dari pernyataan Cellia Waren, plot cerita merupakan peristiwa yang berunsur adanya hubungan sebab-akibat. Dalam KBBI, plot diartikan sebagai jalan cerita (atau alur) dalam sebuah novel, cerpen, dan lain-lain.

Plot dan alur tampak sama, padahal keduanya berbeda. Dan dalam perspektif saya, alur itu dapat didefinisikan sebagai kejadian yang berurutan. Ia disusun berdasarkan waktu. Sementara plot ialah terjadinya sebab-akibat pada sebuah peristiwa.

Di dalam alur, belum dipastikan bakal ada plotnya. Sebaliknya, dalam plot, sudah pasti ada alurnya.

Cara membuat plot cerita agar menarik

Berikut beberapa hal yang kerap saya lakukan saat menyusun plot. Barangkali cara ini hanya gambaran saja, artinya tidak harus kalian ikuti pun tidak apa-apa.

Sebab, setiap penulis, memiliki ide cerita masing-masing. Ini hanya untuk berbagi pengalaman saja.

Buat plot cerita yang out of the box

Hampir semua tips menulis novel yang pernah dibagikan di blog ini, pasti saya selalu saja mengatakan, buatlah genre novel yang out of the box.

Nah, begitun pun dengan membikin plot cerita, sebaiknya buatlah yang out of the box juga.

Maksudnya bagaimana?

Begini.

Kebanyakan penulis saat bikin plot pasti alurnya; pengenalan dulu, masuk ke konflik, masuk ke klimaks, antiklimaks, dan penutup. Jika terus mengikuti alur seperti itu, cenderung pembaca akan merasa bosan.

Coba penyusunan ceritanya dari antiklimaks dulu, deh. Pengenalan tokohnya di tengah cerita. Dengan demikian, ini berarti sudah keluar dari zona pembuatan plot yang alurnya gitu-gitu aja.

Kadang dalam mengarang cerita, kita perlu yang namanya eksperimen atau mencoba sesuatu yang baru. Hal ini ditujukan untuk melakukan eksperimen saja. Kelak dengan eksperimen tersebut, kita akan tahu kelebihan dan kekurangan plot cerita yang kita bikin.

Plot harus masuk akal

Meski menulis cerita fiksi, tetap saja cerita harus masuk akal. Jangan sampai mentang-mentang fiksi, kita menulis sekenanya aja. Dan usahakan saat buat plot cerita, buatlah yang agak relate sama pembaca. Pembaca pasti suka sama cerita yang relate dengan dirinya.

Membuat plot yang masuk akal pun sekaligus solusi untuk menghindari terjadinya plot hole. Untuk mengetahui apa itu plot hole dalam menulis, silakan baca: cara mengatasi plot hole.

Bikin pembaca penasaran

Cara ketiga ini, dalam artian, jangan mendeskripsikan atau menggambarkan cerita sedetail mungkin. Tidak ada cara lain agar pembaca mengkhatamkan cerita yang kita tulis, selain dengan membuatnya penasaran.

Inilah trik yang biasanya digunakan oleh para penulis novel online. Alasan tulisan mereka selalu dibanjiri komentar dan pembaca, itu disebabkan karena cerita yang mereka tulis dibaca sampai tamat oleh penggemarnya.

Mengapa? Karena isi ceritanya selalu bikin pembacanya penasaran.

Persiapkan ending cerita yang bagus

Ending pun termasuk ke dalam poin penyusunan plot. Biasanya ia dikenal dengan sebutan ‘penutup’. Nah, dalam menentukan ending, usahakan bikin ending yang mampu membuat menganga pembaca.

Entah itu sad ending, happy, atau menggantung. Ini sesuaikan saja dengan keinginan kalian sendiri. Yang jelas, ukurannya harus bagus. Dan bagus atau tidaknya, balik lagi, berdasar eksperimen yang tadi saya katakan.

Cari inspirasi saat pengin membuat plot

Nonton film mungkin, salah satu cara terbaik untuk mendapatkan plot yang menarik.

Selain nonton, baca novel-novel dari penulis terkenal, apalagi penulis luar negeri, mereka suka pada bikin plot cerita yang hebat. Dan kalian, tinggal mengamati dan sedikit menirunya.

-

Begitu saja barangkali cara membuat plot cerita agar menarik. Semoga panduan ini ada manfaatnya.

BACA JUGA: Cara Menulis Fanfiction
Artikel Selanjutnya Postingan Selanjutnya
Tidak Ada Komentar
Tambahkan Komentar
comment url