Artikel Terbaru

12 Tips Ampuh untuk Mencari Inspirasi dalam Menulis

Tips untuk Mencari Inspirasi dalam Menulis
Sumber gambar: Kompasiana.com

Tips ampuh untuk mencari inspirasi dalam menulis - Mencari inspirasi menulis memang sangat dibutuhkan oleh kita. Sebab, ada kalanya kita stuck di tengah jalan untuk melanjutkan cerita.

Alih-alih ingin menjadi penulis yang konsisten, malah kesulitan untuk mencari ide berikutnya.

Di postingan kali ini, lagi-lagi saya mau berbagi kembali, setelah postingan sebelumnya saya membahas seputar 10 cara mudah membuat novel bagi pemula hingga bisa terjual banyak, sekarang saya akan menulis tentang 12 tips ampuh untuk mencari inspirasi dalam menulis.

Salah satu alasan betapa pentingnya mencari inspirasi dalam menulis, adalah tentu saja tujuannya untuk memudahkan kita dalam proses menulis.

Baik, tips di bawah ini semoga dapat membantu kamu untuk, barangkali sedang menyelesaikan naskah yang sedang kamu garap, atau untuk memunculkan kembali semangat menulis kamu yang sedang meredup.

Simak baik-baik.

Nonton Film

Yang saya anjurkan pertama, cobalah untuk menonton film. Namun, nonton film yang berkaitan dengan menulis dan buku, bisa betul-betul membantu kamu dalam mencari inspirasi.

Saya pernah nonton film Harry Potter lalu semangat menulis buku langsung menggebu-gebu. Sebab, betapa senengnya melihat Hermione Granger, yang selain bersahabat dengan Harry dan Ron, dia pun bersahabat dengan buku.

Atau saya rekomendasikan untuk kamu, coba nonton film The Professor and The Madman. Film yang berkisah tentang sejarah pembuatan karya terbesar di dunia, yaitu Kamus Oxford English Dictionary.

Dengan menonton film, sepengalaman saya tentu saja, inspirasi dalam menulis langsung show up.

Mendengarkan Lagu

Ini posisi saya saat menulis tentang 12 tips ampuh mencari inspirasi dalam menulis sambil mendengarkan lagu Sheila on 7. Joget-joget sendiri depan laptop sambil terus menulis. Dan ini mengasyikan.

Caci maki saja diriku
Bila itu bisa membuatmu, kembali bersinar dan berpijar seperti dulu kala~

Bergaul dengan Alam

Sesekali, otw ke gunung dan ke pantai bisa membuat inspirasi dalam menulis langsung muncul. Banyak orang yang melakukan aktivitas hiking dan mantai untuk sekadar mencari inspirasi.

Bung Fiersa Besari saja, selain pandai menulis, hobi muncak juga. Jadi udah gak aneh kalo buku-bukunya keren.

Nah, buat kamu yang suka muncak dan mantai, ayo ceritakan pengalamanmu di blog pribadi dan share ceritanya ke semua orang.

Dengan cara, kamu membuat blog sendiri atau menulis di sosial media manapun. Pasti menyenangkan syekalii.

Sering Berdiskusi dengan Seseorang yang Sefrekuensi

Berdiskusi dengan seseorang yang satu frekuensi dengan kita di dunia literasi, tak kalah ampuh juga dalam mencari inspirasi.

Disela-sela diskusi, sering kali banyak obrolan yang membuat kita ngeh dan langsung kita ingat. Lantas langsung kita jadikan konten.

Saya suka melakukan aktivitas berdiskusi ini, paling favorit!

Membaca Sesuai dengan Apa yang Sedang Kamu Tulis

Pas lagi mentok-mentok banget nulis novel. Pas mentok-mentok banget nyari konten. Cobalah untuk baca-baca sesuai apa yang sedang kamu tulis.

Kamu tinggal searching aja misalnya tips menulis novel yang bagus. Tips menulis cerpen dan lain-lain.

Ketika saya bingung mau nulis apa, saya sering berselancar ke situs-situs dunia kepenulisan, dan hasilnya memuaskan. Langsung ada ide, konten dan lain-lain.

Kumpulin Keresahan

Yang paling ampuh dari yang terampuh, ngumpulin keresahan menjadi salah satu cara terbaik untuk mencari inspirasi dalam menulis.

Artinya adalah dengan keresahan itu bisa membuat kita menjadi penulis yang kalo menulis suka dengan cara yang dekat-dekat saja.

Hampir semua konten di blog ini, berawal dari keresahan yang saya alami. Misalnya perhatikan dua judul yang pernah saya tulis di bawah ini.

Kedua judul di atas merupakan contoh keresahan yang kemudian saya angkat jadi konten. Saya mikir, apa sih yang suka mengganggu saya saat menulis, oh ya! Tulis!. Kira-kira nulis di buku diary itu masih jaman gak ya, oh ya! Tulis. Its simple.

Memotret

Bagi penulis yang suka memotret juga, jangan abaikan cara mencari inspirasi dalam menulis yang satu ini.

Kamu bisa mengoptimalkan kedua hobi itu dalam satu frame. Tak jarang orang-orang yang suka memotret, mereka pergi ke pesawahan, perkotaan, lantas tulisannya langsung hebat.

Perhatikan saja captions mereka di Instagram. Udah mah foto yang di postingnya bagus, tulisannya juga bagus.

Luangkan Waktu untuk Jalan Kaki

Salah satu yang membuat saya sumpek saat menulis. Sumpek banget. Ternyata, kebanyakan diam di rumah. Memang sih kamar saya ini menjadi bukti nyata dalam menuangkan inspirasi, tetapi lama kelamaan ada mentoknya juga.

Praktis, ketika sumpek datang, saya suka meluangkan waktu untuk jalan kaki ke mesin ATM, Indomaret. Pas lagi jalan kaki, ide dan inspirasi langsung datang secara tiba-tiba. Karena mungkin sambil jalan kaki sambil melamun. Jadi dapat ide.

Bersosialisasi dengan Masyarakat Sekitar

Saya masih ingat pernah nulis tentang asyiknya ngeronda pas lagi ngeronda dengan masyarakat di kampung.

Saya masih ingat pernah nulis tentang betapa pentingnya bersosialisasi antara pemuda dan orang tua, langsung saya bikin kontennya.

Ternyata, ampuh sekali bersosialisasi dengan masyarakat sekitar untuk mencari inspirasi dalam menulis.

Coba, para penulis lain juga lakukan hal ini, gak ada salahnya bergaul dengan orang yang tidak satu frekuensi, ya sesekali, maksud saya.

Menyesap Kopi sambil Ngumpulin Memori

Pernah mematikan laptop seharian. Pernah menjauhkan diri dari pulpen dan buku catatan kecil. Terus pergi ke kafe dan ngopi disana.

Ngopiii sambil ngelamun. Gak peduli ada orang yang merhatiin juga, pokoknya pengen ngumpulin kenangan sambil nyesap kopi.

Balik ke rumah, langsung udah punya konten. Ampuh bener tips yang satu ini..

Jika Fiks Mentok, Ceritakan Pengalaman Kamu, Apapun Itu

Misalnya bener-bener mentok nih nulis novel religi, nulis puisi, yasudah agar konsisten bisa menulis setiap hari, hal yang perlu kamu lakukan adalah keluar dari kebiasaan menulis kamu.

Kamu berhak menulis kesedihan selama ini, tak perlu yang romantis terus. Kamu berhak nulis perpolitikan. Apapun itu. Yang penting menulis. Latihan.

Nonton YouTube

Di YouTube ada banyak konten yang membahas seputar review buku, tata cara menulis yang baik dan benar. Kamu bisa memaksimalkan platfrom yang satu ini untuk mencari inspirasi kamu dalam menulis.

Atau, jika sudah paham nonton yang soal menulis dan buku, tonton yang lain saja. Dan perhatikan retorika alias cara berbicara mereka. Ada istilah-istilah asingnya, kedenger titik dan komanya, lalu kalimat pertanyaan dan penegasannya. Itu bisa memunculkan inspirasi buat kita.

***

Saya kira, setiap penulis memiliki cara yang berbeda untuk mencari inspirasi dalam menulisnya. Bukan 12 tips di atas saja, saya yakin ada banyak tips lain yang membantu mereka menjadi banyak ide dan konten dalam aktivitas menulisnya.

Dan itulah 12 tips ampuh untuk mencari inspirasi dalam menulis dari saya pribadi. Semoga bermanfaat dan terus semangat dalam berkarya!



Ridwansyah
Pendiri penulis Garut.

Tidak ada komentar

Tolong berkomentar dengan baik dan logis. Jangan melakukan spam. Kalau bisa, berkomentar lah pakai nama, jangan anonim. Komentar kalian saya filter dulu. Jika komentar kalian sesuai selera saya, akan saya setujui. Terima kasih.