Perhatikan 5 Hal Ini untuk Calon Penulis Saat Membeli Buku

Perhatikan 5 Hal Ini untuk Calon Penulis Saat Membeli Buku

Saat Membeli Buku - Apa yang pertama kali kalian cari saat membeli buku? Nama penulisnya, kah? Judul bukunya, kah?

Atau sebelum ke toko buku dan meluncur ke salah satu marketplace, kalian sudah mencari tahu buku mana yang paling laris dan ramai tahun ini sehingga akan kalian beli?

Ya, jika itu yang kalian lakukan, tidak salah. Apalagi kalian sebagai pembaca ulung atau kutu buku. Hal tersebut memang harus kalian lakukan.

Akan tetapi, bagi calon penulis yang ingin belajar menulis dari sebuah buku, ada hal-hal yang perlu kalian perhatikan saat membeli buku. Ini bukan sekadar dilihat dari nama penulis dan judul bukunya saja melainkan lebih dari itu.

Sedikit menengok ke belakang saat saya belajar menulis secara otodidak dari hasil membaca buku, saya membeli buku tidak hanya memperhatikan dari nama penulis dan judul bukunya saja, saya pasti memperhatikan sebuah buku dari cover depan, cover belakang, dan lain-lain.

Hal itu tentu saya lakukan dalam rangka belajar menulis. Sebab, pada saat itu, kedepannya saya ingin berkarya melalui buku. Dan memiliki cita-cita, buku saya, ada di toko buku yang sering saya datangi.

5 hal yang akan saya uraikan di bawah ini membantu kalian wahai calon penulis, untuk kemudian menjadi penulis yang kelak berhasil menerbitkan buku. Perhatikan baik-baik 5 hal ini saat kalian membeli buku.

Baca juga: Rizka Ayu, Penulis Buku yang Berasal dari Kadungora

Nama pena

Kadang, nama lengkap penulis buku sering disamarkan. Tidak ia tulis nama aslinya. Itu dinamakan dengan nama pena. Nama lengkap kalian, misalnya, Muhammad Asryad Riyansyah. Kalian boleh menggunakan nama pena: Riyansyah.

Boleh kemudian dilengkapi dengan nama panggilan tongkrongan kalian. Hal ini upaya agar memprivasikan nama lengkap atau memiliki ciri khas tersendiri. Dan banyak penulis hebat yang menggunakan nama pena yang ada-ada saja.

Judul buku

Biasanya, judul buku yang mudah dihafal pembaca terdiri dari dua kata, ada angkanya, dan hanya mencantumkan nama-nama yang kiranya unik. Dan masih banyak lagi. Maksud saya adalah, kalian nanti ancang-ancang ketika mau bikin buku karya sendiri, apakah judul buku kalian sudah menjual dan mudah dihafal pembaca?

Terkait judul buku ini, kalian lakukan riset di internet. Apakah judul buku yang kalian rencanakan itu sudah ada yang menggunakannya? Ini penting untuk kalian perhatikan agar tidak sama dengan judul buku penulis lain.

Nama penerbit

Saya pribadi, saat akan membeli buku, hal utama yang saya perhatikan adalah nama penerbitnya. Apakah penerbit buku A jenis penerbit mayor atau indie. Sudah terkenal atau biasa-biasa saja.

Dari hasil memperhatikan nama penerbit, saya langsung mencari tahu penerbit tersebut. Siapa tahu, kelak buku saya bisa diterbitkan juga di penerbit tersebut.

Baca juga: Pre Order Buku Arunika

Cover depan

Meski ada istilah, jangan ngejudge sebuah buku dari covernya. Tapi, cover yang menarik, buat saya, penting kalian perhatikan saat akan membuat buku sendiri. Tentu, saya berharap, diiringi juga dengan tulisan yang bagus. Saat membeli buku, saya sering membolak-balikan covernya. Mungkin sudah kebiasaan kali, ya.

Blurb-nya

Penjelasan singkat mengenai isi buku yang terletak pada belakang buku disebut blurb. Tujuan adanya blurb adalah agar membikin pembaca tertarik. Oleh karena itu, blurb sangat penting diperhatikan sama kalian wahai calon penulis saat membeli buku.

Konon, dalam penelitian. Hanya butuh waktu beberapa detik saja pembaca memutuskan apakah mau membeli kita atau tidak, ini tentu dari blurb yang kita tulis di belakang buku tersebut.

Itulah 5 hal yang sebaiknya diperhatikan sama calon penulis saat membeli buku.



Artikel Selanjutnya Postingan Selanjutnya
Tidak Ada Komentar
Tambahkan Komentar
comment url